Home / Gayo Lues / Headline

Kamis, 19 Oktober 2023 - 05:48 WIB

Kejari Gayo Lues Gelar Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingkat SMA/SMK

Gayo Lues, Portal Datiga – Kejaksaan Negeri Gayo Lues menggelar seleksi duta pelajar sadar hukum tingkat SMA/SMK se Kabupaten Gayo Lues tahun 2023.

Kegiatan tersebut diselenggarakan di Aula Kejaksaan Negeri, Kamis (19/10/2023).

Kejari Gayo Lues, Ismail Fahmi, SH dalam keterangan tertulisnya menjelaskan kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tersebut merupakan kegiatan rutin yang di selenggarakan setiap tahunnya, dengan kerjasama antara Dinas Pendidikan Aceh dengan Kejaksaan Tinggi Aceh sejak tahun 2017.

Ia menjelaskan, seleksi tersebut diikuti oleh 16 (enam belas) SMA/SMK yang ada di Gayo Lues, namun karena ada 2 (dua) sekolah yang tidak hadir maka yang mengikuti seleksi sebanyak 14 (empat belas) sekolah, tiap sekolah mengirimkan 2 (dua) orang perwakilan yang terdiri dari 1 (satu) putra dan 1 (satu) putri.

“Adapun hadiah dalam seleksi tersebut yaitu Juara I uang tunai 3 Juta, Juara II uang tunai 2 Juta, dan Juara III uang tunai 1,5 Juta. Masing-masing juara juga memperoleh Piala, medali dan sertifikat,”, Ujarnya.

Ismail Fahmi juga menjelaskan, pada seleksi duta pelajar sadar hukum tahun 2023 kali ini, materi atau tema yang di angkat berkaitan dengan Kejaksaan, Korupsi, Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan Napza.

Adapun yang menjadi materi penilaian yaitu Pandangan peserta terhadap kesadaran hukum dalam masyarakat, jawaban terhadap pertanyaan juri, penyampaian komitmen dan harapan apabila menjadi duta sadar hukum, serta sikap dan perilaku dari peserta.

“Adapun yang menjadi juri adalah 5 (lima) orang dari Kejaksaan Negeri Gayo Lues yaitu Kasi Intelijen Kejari Gayo Lues, Handri, S.H., Kasi Datun Kejari Gayo Lues, Yusril Ardi, S.Kom., S.H., M.CIO., Kasubsi Prapenuntutan Kejari Gayo Lues, Octafian Haji Kusuma, S.H., Jaksa Fungsional Kejari Gayo Lues, Maulana Fajri Adrian, S.H., Staf Intelijen Kejari Gayo Lues, Koko Prayoko, A.Md,”, Ungkapnya.

Selain itu, Ismail Fahmi, S.H menyampaikan bahwa pendidikan membawa peran penting dalam kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu, kesadaran hukum harus ditanamkan kepada pelajar sejak dini.

Kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum merupakan salah satu upaya guna menciptakan generasi yang mampu berperan dalam kemajuan tersebut, dengan adanya kegiatan pemilihan duta pelajar sadar hukum diharapkan mampu memperkuat karakter pelajar sebagai penerus bangsa yang unggul, berkualitas, berkarakter kebangsaan dan taat pada aturan hukum yang berlaku, sehingga nantinya duta pelajar sadar hukum ini  bisa menjadi contoh dan pelopor dilingkungan sekolah maupun dalam masyarakat umumnya.

Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Basri, S.Pd. menyampaikan bahwa kegiatan pemilihan Duta Pelajar Sadar Hukum tingkat SMA/SMK Se Kabupaten Gayo Lues merupakan kegiatan yang sangat bermanfaat bagi generasi muda penerus bangsa, dengan memahami hukum yang ada diharapkan generasi muda dapat terhindar dari perilaku yang menyimpang dari hukum itu sendiri.

Selain itu, Ali Nurdin, S.H.. M.Pd juga menyampaikan bahwa seluruh peserta yang ada merupakan siswa/siswi terbaik yang di Sekolah masing-masing sehingga dapat menjadi duta sadar hukum, kendati demikian tetap ada yang terbaik dari yang baik untuk mewakili Kabupaten Gayo Lues dalam seleksi duta sadar hukum tingkat Provinsi Aceh nantinya.

Hasil dari seleksi duta pelajar sadar hukum Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 tersebut yaitu: Juara 1 Putra SMA N 1 Blangkejeren dengan total nilai 157, Juara 2 Putra SMA N Seribu Bukit dengan total nilai 152, Juara 3 Putra SMK N 2 Blangkejeren dengan total nilai 138, Juara 1 Putri SMA N 1 Blangkejeren dengan total nilai 156, Juara 2 Putri SMA N 1 Terangun denga total nilai 152, Juara 3 Putri SMA N Seribu Bukit dengan total nilai 148.

Diakhir pemberian hadiah kepada para juara, Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi berinisiatif untuk memberikan hadiah tambahan berupa uang tunai kepada kategori favorit hal tersebut sebagai apresiasi yang diberikan oleh Kajari karena para peserta sesungguhnya telah berupaya sebaik mungkin dalam memberikan penampilan yang terbaik, semoga kedepanya lebih ditingkatkan. Kemudian untuk peserta yang terpilih sebagai duta pelajar sadar hukum yang nantinya mewakili Gayo Lues di tingkat Provinsi harus benar-benar dibina dan ditingkatkan lagi pengetahuannya, sehingga dapat memberikan penampilan terbaik pada seleksi duta sadar hukum tingkat Provinsi Aceh.

Kegiatan Seleksi Duta Pelajar Sadar Hukum Tingka SMA/SMK Se Kabupaten Gayo Lues Tahun 2023 berjalan dengan aman, lancar dan dipenuhi oleh antusias para peserta, serta berakhir sekira pukul 17:00 WIB.

Abdi Whienargayo

Share :

Baca Juga

Aceh

Reje Ambil Alih Tupoksi Aparatur, Perangkat Kampung Merah Mersa Memilih Tidak Aktif

Headline

Buka Bimtek Fraksi Demokrat, AHY: Menangkan Pileg 2024!

Aceh

Indeks Inovasi Mendagri, Gayo Lues Masuk Daerah Inovatif Tahun 2022

Headline

Silaturahmi Lebaran Bersama Anies dan Habib Salim Segaf, AHY: Terima Kasih Sambutan Hangatnya

Aceh

Unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues Amankan Pelaku Pencurian

Aceh

Di Hadapan Forum Internasional, Menteri AHY Usulkan Pembentukan Badan Air Nasional*

Aceh

Kejari Gayo Lues Eksekusi Uqubat Cambuk 4 Orang

Aceh

Polsek Putri Betung Adakan Sosialisasi Hukum Saber Pungli