Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Kamis, 2 Februari 2023 - 19:51 WIB

Indeks Inovasi Mendagri, Gayo Lues Masuk Daerah Inovatif Tahun 2022

Portal Datiga, Gayo Lues, Tertanggal 30 Januari 2023, Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) telah resmi mengeluarkan indek inovasi terhadap Daerah Provinsi, Kabupaten dan Kota untuk tahun 2022.

Dalam indek inovasi yang dikeluarkan terebut, Kabupaten Gayo Lues dinyatakan sebagai Daerah Inovatif dengan nilai indeks 35,72 dengan urutan 12 dari 23 Kota dan Kabupaten di Provinsi Aceh.

Adapun salah satu penyumbang terbesar inovasi tersebut adalah Dinas kominfo Gayo Lues dengan jaringan koneksi intra Pemerintah.

Seperti diberitakan dalam sejumlah media, dalam indek inovasi yang dikeluarkan ada 9 Kabupaten/Kota kurang inovatif di Aceh. Tingkat inovatif-nya dinilia dari nilai indek. Kemudian 13 Kabupaten/Kota dinyatakan inovatif dan satu Kabupaten lainnya disebut sangat inovatif.

 

Sumber AJJN

Adapun 9 Kab/Kota yang dinilai Kemendagri kurang inovatif seperti dilansir dari AJNN, Kamis (2/2) yakni, Aceh Barat Daya, Nagan Raya, Pidie, Sabang, Aceh Selatan, Lhokseunawe, Aceh Timur, Aceh Tenggara dan Simuelue.

Sementara daerah-daerah inovatif yaitu, Aceh Tengah, Bireuen, Aceh Tamiang, Aceh Barat, Banda Aceh, Aceh Utara, Aceh Singkil, Langsa, Aceh Besar, Pidie Jaya, Gayo Lues, Bener Meriah dan Subulussalam. Daerah inovatif ini nilai indek tertinggi yakni 58,28 dan paling rendah 35,60.

Kemudian untuk daerah yang dinyatakan sangat inovatif yaitu Kabupaten Aceh Jaya dengan nilai indek-nya mencapai 60,49. Untuk diketahui, inovatif adalah sebuah hal yang bersifat memperkenalkan sesuatu yang baru atau bersifaat pembaruan (kreasi baru). Inovatif juga diartikan memiliki pengetahuan dan kemampuan yang dapat digunakan untuk membuat dan menyesuaikan dengan perubahan. (ABDI)

 

 

 

Share :

Baca Juga

Aceh

Kapolres Gayo Lues Hadiri Pengangkatan dan Pengambilan Sumpah Jabatan Pejabat Pimpinan Tinggi Kabupaten Gayo Lues 

Aceh

Tokoh Muda Gayo Lues, SYARIPUDDIN (Gecik Pinang Rugub) Sosok Caleg Potensial 

Gayo Lues

Personil Polsek Pining Laksanakan Kegiatan Curhat Bersama Masyarakat

Aceh

Satlantas Polres Gayo Lues sediakan truck antar jemput anak sekolah gratis

Headline

AHY: Mengabaikan Perubahan Iklim, Berarti Mengabaikan Generasi Muda dan Anak Cucu Kita

Aceh

Pemkab Gayo Lues Propinsi Aceh resmi membuka Pacuan kuda tradisional.

Aceh

Mewujudkan Keakraban Bhabinkamtibmas Kampung Bahgie Bertona Dengan Warga Binaan

Aceh

Ganjar : Saya Bukan Orang Abu-Abu