Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Rabu, 22 Maret 2023 - 06:30 WIB

Mantan Security PT. KHBL Di Amankan Tim Resmob Sat Reskrim Polres Gayo Lues

portaldatiga.com – Gayo Lues | Polres Gayo Lues Polda Aceh Gelar sejumlah perkara pada acara konferensi pers hari Selasa tanggal 21 Maret 2023 ini di Aula Polres Gayo Lues, salah satunya kasus yang dirilis oleh kasat Reskrim IPTU M. Abidinsyah,S.H. adalah kasus 1 (satu) orang mantan oknum security Pabrik PT kencana hijau Bina Lestari (KHBL) desa pinang Rugub kec. Rikit Gaib Kab. Gayo Lues Karena pelaku telah melakukan kejahatan penipuan dan pemalsuan dokumen Form peneriman getah Loading Dock milik Pabrik PT kencana hijau Bina Lestari (KHBL).Rabu,22/03/2023. Pukul 14.00 WIB.

Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK melalui Kasat Reskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H. menerangkan kepada kami media pada acara konferensi pers tentang kronologis kejadian Kasus ini yaitu  pada hari Kamis tanggal 16 Maret 2023, Pelapor bernama Sdr. Beben Suhartono, umur 53 tahun, pekerjaan karyawan Pabrik PT kencana hijau Bina Lestari (KHBL) alamat Desa Kapuk kec. Cingkareng kota Jakarta Barat Propinsi DKI Jakarta, telah datang ke SPKT Polres Gayo Lues untuk membuat laporan pengaduan tentang kejadian penipuan dan pemalsuan dokumen Form peneriman getah Loading Dock milik Pabrik PT kencana hijau Bina Lestari (KHBL).

Adapun pelakunya bernama inisial”BO”, pekerjaan Wiraswasta eks mantan security Pabrik PT kencana hijau Bina Lestari (KHBL), alamat desa Kuta Alam Kec. kuta alam kota Banda Aceh, Pelaku mengalami kerugian sebanyak Rp.98.448.000 (sembilan puluh delapan juta empat ratus empat puluh delapan ribu rupiah).

Awal kejadian yaitu sejak bulan November 2022 s.d. September 2022, Pelaku Sdr “BO” melakukan penipuan dengan cara memalsukan form penerimaan getah Loading Dock, seolah olah ada getah Pinus yang masuk ke pabrik PT. KHBL, dengan maksud agar pelaku mendapatkan uang pembayaran dari hasil penerimaan getah Pinus tersebut dari pihak Finance pabrik PT KHBL, padahal getah pinus tersebut tidak pernah masuk sama sekali, namun pihak petugas terkait dipabrik merasa curiga dan melakukan pemeriksaan, akhirnya diketahui bahwa Sdr  “BO” yang pada saat itu masih bekerja sebagai security pabri PT. KBHL  telah berbuat curang menipu petugas pabrik dengan cara memalsukan  dokumen Form peneriman getah Loading Dock milik pabrik PT KHB, sehingga atas kejahatan pelaku, telah merugikan semua petugas terkait  di lingkungan pabrik PT. KHBL, setelah perbuatan pelaku Sdr “BO” tercium oleh pelapor, maka pelaku melarikan diri ke kota Pekanbaru, namun berkat kesigapan dari Tim Opsnal unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues maka pelaku berhasil ditangkap di komplek perumahan Asri indah kec. Tenayan Jaya kota Pekan Baru Provinsi Riau, pada hari Selasa tanggal 07 Februari 2023, selanjutnya pelaku dibawa dan ditahan di Rutan Polres Gayo Lues untuk dilakukan penyidikan oleh Satreskrim Polres Gayo Lues.

Setelah dilakukan penyidikan oleh pihaknya Satreskrim Polres Gayo Lues, menurut pengakuan dari pelaku sdr “BO” bahwa pelaku melakukan kejahatan tersebut secara bersama sama dengan rekannya ketika masih bekerja bersama-sama sebagai security Pabrik PT KHBL Didesa Pinang Rugub kec Rikit Gaib Kab. Gayo Lues, rekannya tersebut bernama inisial “YT” yang saat ini telah buron dan masih menjadi DPO Satreskrim Polres Gayo Lues, Adapun barang bukti yang menjadi dasar penyidik untuk melakukan proses hukum yaitu berkas form penerimaan getah Loading Dock.

Atas kejahatan yang dilakukan oleh sdr “BO”, pelaku dikenakan pasal 378 KUHPidana tentang “Barang siapa dengan maksud untuk menguntungkan diri sendiri atau orang lain secara melawan hukum, dengan memakai nama palsu atau martabat palsu, dengan tipu muslihat, atau pun rangkaian kebohongan, menggerakkan orang lain untuk menyerahkan barang sesuatu kepadanya, atau supaya memberi hutang maupun menghapuskan piutang, diancam karena penipuan dengan pidana penjara paling lama empat tahun”.(Rc) 

 

Sumber : Pres Rilis Humas Polres Gayo Lues

Share :

Baca Juga

Aceh

DPC Demokrat Aceh Tengah Gelar Bukber Bersama Pengurus

Aceh

Polsek putri Betung Polres Gayo Lues bersama Maayarakat Gelar Kegiatan Peduli Lingkungan 

Aceh

Rijaluddin Realisasikan Pokir 2022, Ini Peruntukkannya

Aceh

Api Hanguskan 15 Rumah di Desa Tungel Rikit Gaib  

Headline

Silaturahmi ke JK, AHY: Kami Perlu Pandangan Beliau Sebagai Tokoh Bangsa dan Negarawan

Aceh

Polri Akan Gelar Pasukan Operasi Ketupat, Kapolri Harap Mudik Berjalan Lancar dan Aman

Aceh

Polres Gayo Lues bersinergi dengan TNI, Dinas Terkait, bersihkan Jalan Longsor

Aceh

Kapolres bersama PJU Cek Pabanrim/ Tempat Pendaftaran Penerimaan Terpadu Calon Anggota olri T.A 2023 Polres Gayo Lues