Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Sabtu, 1 April 2023 - 08:17 WIB

Bhabinkamtibmas Polres Gayo Lues ikuti rapat Anev Penggunaan Aplikasi BOS-V2 Dengan Ditbinmas Polda Aceh

portaldatiga.com- Gayo Lues | Jajaran bhabinkamtibmas Polsek Polsek jajaran Polres Gayo Lues mengikuti rapat Anev penggunaan aplikasi Binmas Online System Versi 2.0 (BOS V2) dengan Ditbinmas Polda Aceh. Sabtu, 01/04/2023 Pukul 09.00 WIB.

Dalam pelaksanaan pembekalan ini kegiatan Anev BOS V2 ini dihadiri oleh Kasubdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh AKBP Ruslan Syafei, S.Ag, Kasilatpuan Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh AKP Zaflaini, S.H,  Kasatbinmas Polres Gayo Lues AKP Jonnedy Beruh, Kbo Satbinmas IPDA Amsari sidin, Bhabinkamtibmas Jajaran Polres Gayo Lues, Briptu Muhammad Arif Personel operator Aplikasi BOS V2 dari subdit bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh. Briptu Rafi ardifat operator Aplikasi BOS V2 dari subdit bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh, Personel Satbinmas Polres Gayo Lues.

Kapolres Gayo Lues Polda Aceh AKBP Efrianza SIK melalui Kasat Binmas AKP Jhon Beruh mengatakan bahwa tujuan dilaksanakannya Rapat Anev penggunaan aplikasi ini untuk memberikan pemahaman kepada personel Bhabinkamtibmas Polres Gayo Lues  tentang penggunaan Aplikasi BOS V2 versi 2.0 ini yang dilaksanakan oleh tim Subdit Bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh.

Kasatbinmas AKP Jhon Beruh mengharapkan agar personel Bhabinkamtibmas dipolsek Polsek dapat memahami lagi penggunaan aplikasi ini sehingga setiap hari dapat membuat laporan kegiatan rutinnya dan meng-upload nya kedalam aplikasi tersebut agar bisa langsung dipantau oleh operator aplikasi BOS V2 ditingkat Polda Aceh selanjutnya nya secara online dan secara berjenjang ikut dipantau oleh Operator aplikasi BOS V2 Baharkam di tingkat Mabes Polri, Jelasnya.

Jhon Beruh juga menambahkan bahwa laporan yang diinput oleh petugas bhabinkamtibmas di desa desa binaan masing-masing yaitu tentang data identitas kepala keluarga beserta jumlah keluarga, laporan keluhan, permasalahan Didesa dan harapan dari masyarakat kepada bhabinkamtibmas sebagai ujung tombak kepolisian, sehingga dengan laporan tersebut, menjadi masukan kepada pimpinan Polri, jelasnya;

AKBP Ruslan Syafei, S.Ag Kasubdit bhabinkamtibmas Ditbinmas Polda Aceh pada kesempatan ini tidak lupa menyampaikan kirim salam dari bapak Direktur binmas Direktorat Polda Aceh Kombes Pol Mohammad muslim Siregar.S.I.K kepada seluruh personel bhabinkamtibmas jajaran Polda Aceh khususnya Polsek Polsek di jajaran Polres Gayo Lues.

Ruslan juga menerangkan bahwa aplikasi BOS V2 ini diluncurkan untuk meningkatkan layanan kepolisian bagi masyarakat dan juga internal polisi, khususnya bhabinkamtibmas, “Program Bimas Online System diluncurkan oleh jajaran Baharkam Polri, khususnya Korpbimas, BOS V2 ini merupakan aplikasi yang bisa dimanfaatkan dan digunakan baik secara internal maupun eksternal,” Jelasnya.

Ruslan Syafei menjelaskan bahwa secara internal aplikasi BOS V2 dapat membuat laporan terkait dengan kegiatan-kegiatan Bhabinkamtibmas yang ada di sektor polisi terdepan di tingkat desa.

“Dengan aplikasi tersebut, seluruh informasi yang ada bisa terlapor ke pusat, kemudian disatukan dalam satu sistem big data,” ujar Ruslan.

Dari data tersebut, kata Ruslan, akan bisa memprediksi dengan memanfaatkan artificial intelligence (intelijen buatan) sehingga Polri bisa melakukan perkiraan-perkiraan terkait dengan masalah gangguan keamanan dan ketertiban yang terjadi di tengah masyarakat.

“Kami berharap aplikasi ini bisa makin mendukung dalam upaya Polri untuk melaksanakan program kepolisian prediktif,” ujar Ruslan.

Kasubdit bhabinkamtibmas itu menyebutkan aplikasi BOS V2 juga bisa untuk interaksi bagi masyarakat yang memerlukan informasi ataupun pelayanan-pelayanan kepolisian, melalui aplikasi ini, masyarakat bisa melapor.

Laporan yang ada di aplikasi BOS V2, kata dia, akan direspons sehingga masyarakat bisa mendapatkan apa yang diperlukan terkait dengan pelayanan kopolisian yang ada.

“Aplikasi ini ke depan akan kami integrasikan dengan kementerian dan lembaga yang lain, institusi yang lain sehingga ini menjadi satu sistem aplikasi informasi pelayanan yang terintegrasi yang tentunya akan memudahkan masyarakat mendapatkan pelayanan tanpa repot-repot hadir ke kantor polisi,” kata Ruslan.

Meski demikian, kata Ruslan, dengan hadirnya aplikasi ini tidak mengurangi layanan kepolisian yang secara langsung (offline).

“Kami tetap perintahkan kepada seluruh anggota untuk turun ke masyarakat untuk terus memberikan pelayanan terbaik,” ujar Ruslan.

Ruslan mengatakan bahwa aplikasi BOS V2 adalah sistem aplikasi untuk memperbaiki pelayanan kepolisian agar bisa optimal.

“Harapan kami dengan layanan baik, masyarakat dan Polri makin dekat dan Polri makin dicintai masyarakat,” ujarnya. (Rc)

 

 

Sumber : Pres Rilis Humas Polres Gayo Lues

Share :

Baca Juga

Aceh

Kejari Gayo Lues dan RSUD MAK Tandatangani Peranjangan MoU

Gayo Lues

Rentetan Peristiwa di Gayo Lues, dari Pembuangan Bayi sampai Pembunuhan Sadis

Aceh

Kapolres Gayo Lues Bersama Forkopimda Serap Keluhan Masyarakat Jemaah Tarawih di Cafe Bergendal Pada jum’at Tarawih Curhat.

Aceh

(Episode 2 ) Uyem Uyem kami, Hana Pulang Kam Sibuk !!!

Aceh

Api Hanguskan 15 Rumah di Desa Tungel Rikit Gaib  

Gayo Lues

Demokrat Gayo Lues Gelar Konsolidasi

Aceh

Ketua Koni Gayo Lues Dukung Penuh Jamil Atlet Wushu

Gayo Lues

Diiringi Konvoi dan Dalail Khairat, Demokrat Daftar Bacaleg Ke KIP Aceh