Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Sabtu, 8 April 2023 - 21:19 WIB

Polres Gayo Lues bersama forkopimda ikuti acara Nuzul Qur’an di Mesjid Agung Ash-Shalihin Kota Blangkejeren

portaldatiga.com-Gayo Lues |  Jajaran Polres Gayo Lues Polda Aceh yang dipimpin oleh Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza SIK bersama forkopimda Gayo Lues mengikuti acara Nuzul Qur’an dalam rangka Bulan Suci Ramadhan 1444 H di Mesjid Agung Ash – Shalihin Kota Blangkejeren, Dalam Kegiatan Nuzul Qur’an ini dihadiri oleh ± 350 Jama’ah Shalat Tarawih yaitu Plt. Sekda Kab. Gayo Lues H. Jata,SE, MM, Kapolres Gayo Lues AKBP Efrianza,S.I.K., Dandim 0113/GL Letkol Inf. Krismanto, S.Pd, Ketua Mahkamah Syariah, Blangkejeren T. Swandi, S.H.I, M.H, Ustadz / Penceramah Husaini Sasa, S.Sy, Waka Polres Gayo Lues Kompol Mhd. Rasid, SH, Ketua BKM Ash-Shalihin sdr Samsul Alam, S.Sos, Pengurus Badan Kemakmuran Mesjid (BKM), Imam Mesjid Ash Shalihin, Para SKPK, Personel Polres Gayo Lues, Personel Polsek Blangkejeren, Jama’ah Shalat Tarawih. Jum’at, 07/04/2023.

Untuk Tausiyah Tentang Sejarah Nuzul Qur’an yang disampaikan oleh Tgk. HUSAINI SASA, S.Sy.

– Al Quran adalah kitab suci bagi umat Islam yang menjadi pegangan dan dasar bagi kehidupan. Dalam sejarah tercatat bahwa Al Quran tidak diturunkan sekaligus kepada Rasulullah SAW.

 

– Ayat-ayat Al Quran diturunkan secara bertahap, sedikit demi sedikit dan berangsur-angsur dalam kurun waktu 22 tahun 2 bulan 22 hari. Salah satu peristiwa yang terkait dengan sejarah turunnya Al Quran ke bumi adalah Nuzulul Quran.

– Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran kepada Nabi Muhammad SAW. Secara bahasa, Nuzulul Quran berasal dari dua kata, yakni Nuzul (menurunkan sesuatu dari tempat yang tinggi ke tempat yang rendah) dan Al Quran (kitab suci umat Islam).

– Sehingga, Nuzulul Quran dapat diartikan peristiwa turunnya Al Quran dari tempat yang tinggi ke muka bumi. Sedangkan makna secara lengkap, Nuzulul Quran adalah peristiwa turunnya Al Quran dari Allah SWT kepada Nabi Muhammad untuk digunakan sebagai petunjuk bagi umat Islam.

– Ayat Al Quran pertama yang turun adalah surat Al-Alaq ayat 1-5. Turunnya ayat ini menjadi tanda awal kenabian Muhammad. (Rc) 

 

Sumber : Pers Rilis Humas Polres Gayo Lues

Share :

Baca Juga

Gayo Lues

Kejari Gayo Lues Peringati HUT Ke-72 PERSAJA

Gayo Lues

Kajari Gayo Lues Hadiri Sosialisasi Pendamping Hukum Dinas Pendidikan Aceh

Aceh

Polsek Pining Gelar Patroli Dialogis untuk Pemeliharaan Keamanan dan Ketertiban Masyarakat

Aceh

Kapolres Gayo Lues Dan Ibu Ketua Bhayangkari  Kunjungi Korban Kebakaran Di Desa Pining

Headline

80 Jenderal Purnawirawan TNI/Polri Usulkan Anies-AHY Untuk Pasangan Sipil-Militer

Aceh

Kajari Gayo Lues Serahkan 20 Sertifikat ke Mahasantri Tahap IV

Aceh

Cepat dan Sigap, Unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues Berhasil Tangkap Pelaku Penganiayaan Berat Kurang dari 8 Jam

Aceh

Polres Gayo Lues Gelar Penanaman Pohon Serentak dengan Tema “Penanaman Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri”