Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Jumat, 14 April 2023 - 01:16 WIB

Gayo Lues Raih  Sembilan kali Berturut-Turut WTP dari BPK RI 

 

portaldatiga.com- Pemerintah Kabupaten Gayo Lues kembali mendapatkan penghargaan ke sembilan dari Badan Pemeriksaan Keuangan (BPK) RI Perwakilan Provinsi Aceh. Jumat (14/04/2023).

Penghargaan tersebut didapatkan melalui penilaian opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) terhadap Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) atas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2022.

Penyerahan LHP penilaian WTP yang dilakukan di Auditorium Kantor BPK Perwakilan Provinsi Aceh tersebut, diserahkan langsung oleh Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, Masmudi, S.E.,M.Si.,CSFA,CA,Ak.

“Opini WTP diberikan dengan kriteria, sistem pengendalian internal yang memadai, tidak ada salah satu yang material atas pos-pos laporan keuangan dan secara keseluruhan laporan keuangan telah menyajikan secara wajar sesuai dengan SAP,”ujar Kepala BPK RI Perwakilan Provinsi Aceh, Masmudi, S.E.,M.Si.,CSFA,CA,Ak dalam sambutannya.

Ia menyebutkan, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dalam rangka pengelolaan dan pertanggung jawaban keuangan negara atau daerah, salah satu hal penting yang diatur adalah kewajiban kepala daerah dalam menyusun dan menyampaikan rancangan peraturan daerah.

“Juga tentang pertanggungjawaban pelaksanaan APBD berupa laporan keuangan yang akan diperiksa oleh BPK,”katanya.

Lanjutnya, pemeriksaan atas laporan keuangan pemerintah daerah merupakan bagian dari tugas konstitusional BPK dan sebagai rangkaian akhir dari proses pemeriksaan.

“Tidak lupa pula kami ingatkan kepada pemerintah daerah agar melaksanakan action plan atau rencana aksi dalam tindaklanjut hasil pemeriksaan BPK yang paling lama kami peroleh 60 hari setelah penetapan LHP oleh BPK,”tambahnya.

Dalam penyerahan penghargaan LHP penilaian WTP tersebut turut di hadiri oleh Pj. Bupati Gayo Lues yang diwakilkan oleh Plt Sekda H.Jata S.E.,M.M, Ketua DPRK Gayo Lues Ali Husin, S.H. Turut mendampingi Kepala Badan Pengelolaan Keuangan Kabupaten Mukhtarudin, S.E.,M.AP; Sekretaris Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gayo Lues Khalidin, S.Pd; Inspektur Inspektorat Kabupaten Gayo Lues Muhammad Fikar, S.IP.,M.IP; inspektur pembantu 1 Aswin Arigato, S.ST serta tamu undangan lainnya. (Rc)

 

Sumber : Pers Rilis Humas Setdakab Gayo Lues

Share :

Baca Juga

Aceh

Rekap DPSHP tingkat kecamatan Terangun. TNI -Polri Jalin Sinergisitas.

Aceh

Polsek Pining Berikan Bantuan Kemanusiaan Kepada Masyarakat kec. Pining kab Gayo Lues 

Headline

Respons Partai Demokrat terhadap Pernyataan Presiden Joko Widodo tentang Pertemuan Presiden dengan Partai Demokrat

Aceh

Berhasil Gebuk Mafia Tanah, Menteri ATR/Kepala BPN Tuntaskan Pengembalian Sertipikat Tanah Keluarga Nirina Zubir

Aceh

Rapat Kerja dengan Komisi II DPR RI, Menteri AHY Laporkan Realisasi Kinerja Tahun Anggaran 2023, 2024, dan Rencana Kerja 2025

Aceh

Demi Ciptakan Situasi Aman Di Malam Hari, Kasat Sabhara polres Gayo Lues Terjunkan unit Patroli

Aceh

Apel Gelar Pasukan Polisi RW Jajaran Polres Gayo Lues Polda Aceh

Aceh

Perumda Air Minum Tirta Sejuk Cairkan THR Seluruh Karyawan