Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Jumat, 12 Mei 2023 - 07:40 WIB

Tumbuhkan Karakter Seni dan Budaya. Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Gelar Festival Teater di Gayo Lues. 

 

portaldatiga.com-Gayo Lues  | Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh menggelar festival teater, parade teater dan pentas apresiasi selama dua hari Jum’at – Sabtu (12-13 Mei 2023).

Kegiatan Semarak Seni Negeri Antara ini akan dipusatkan di gedung Bale Musara Kabupaten Gayo Lues.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh Almuniza Kamal, S.STP, M.Si melalui Kepala bidang bahasa dan seni Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Aceh, Nurlaila Hamjah, S.Sos, MM menerangkan dengan terselenggaranya kegiatan ini ada tiga target sasaran yang ingin dicapai.

Nurlaila Hamjah menerangkan sasaran pertama yang ingin dicapai Kehadiran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan dalam memfasilitasi wadah pertunjukan seni teater rakyat di Kabupaten Gayo Lues adalah upaya membangun budaya melalui pembentukan karakter dan belajar berinteraksi sosial lewat tokoh dalam alur sebuah cerita yang diperankan pada panggung pertunjukan.

Kedua sebutnya, ingin mengeratkan komunikasi dengan para sesama insan seni agar terus bersinergi mendorong semangat generasi muda khususnya di Gayo Lues untuk mengeksplor potensi diri dan melahirkan karya kreatif dalam rangka pengembangan kebudayaan lewat seni teater.

“Terakhir Dinas Pariwisata Aceh ingin mengajak masyarakat untuk lebih peka dalam menggali berbagai cerita cerita rakyat di sekitar kita yang memiliki nilai kearifan lokal yang dapat membantu mencegah tergerusnya adat dan tradisi di kalangan generasi muda,” Ungkapnya.

Ia menjelaskan ada pun rangkaian kegiatan yang akan ditampilkan pertama, Pentas Apresiasi Teater. Pentas Apresiasi Teater ini merupakan kegiatan yang diselenggarakan dalam bentuk pagelaran dan pertunjukan yang dikemas dengan konsep pertunjukan kesenian teater.

“Diharapkan dengan adanya Kegiatan Pentas Apresiasi Teater mampu menjadi ruang apresiasi dan promosi bagi para seniman untuk dapat terus berkarya sehingga dapat berdampak positif bagi kemajuan daerah,” Ujarnya.

 

Kedua penampilan Teater Festival, ia menjelaskan jegiatan ini merupakan pagelaran seni pertunjukan teater yang akan dilaksanakan dalam bentuk perlombaan, peserta yang akan berpartisipasi merupakan perwakilan dari Sekolah Menengah Akhir (SMA) sederajat di wilayah Kabupaten Gayo Lues, dengan bentuk setiap grup akan menampilkan kesenian Teater dengan ciri khasnya masing-masing yang sesuai dengan latar belakang/ciri khas setiap grup.

 

“Diharapkan dengan adanya Kegiatan Festival Teater mampu menciptakan mang kreativitas masyarakat khususnya para generasi muda untuk terus melestarikan kesenian yang ada di Aceh. Kegiatan ini juga diharapkan dapat menjadi jembatan peningkatan kegiatan pelestarian seni secara lebih meluas, dan juga sebagai media mempromosikan kekayaan kesenian khusunya seni teater yang telah diwariskan oleh leluhur kita sebelumnya,” Ujarnya.

 

Ketiga Parade Teater Rakyat Gayo, Nurlaila Hamjah menerangkan kegiatan Parade Teater Masyarakat Gayo ini dilakukan dalam rangka menjadikan teater sebagai kesenian yang dapat hadir beriring dengan perkembangan zaman. Pertunjukan teater kali ini dikemas dalam bentuk sebuah parade yang bernuansa otentik kontemporer.

“Kegiatan Semarak Seni Negeri Antara 2023 ini akan dilaksanakan pada tanggal 12 s.d 13 Mei 2023 di Balce Musara, Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues bertema “Bersama kita rukun, berseni kita bahagia” dengan melibatkan group kesenian teater dan para pelajar di Kabupaten Gayo Lues serta stakeholder lainnya”, tutupnya. (Rc) 

Share :

Baca Juga

Gayo Lues

Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Gayo Lues Laksanakan Aksi Simulasi

Aceh

Mencoba Membenci Si Alhudri PJ. Bupati Gayo Lues

Aceh

Rijaluddin Realisasikan Pokir 2022, Ini Peruntukkannya

Aceh

Personel Pospol Tongra Bantu Evakuasi Korban Laka Lantas Tunggal di Bur Nipis Jalan Lintas Terangun-Abdya

Aceh

Seorang Laki-laki Ditemukan Gantung Diri di Bener Meriah

Aceh

Unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues Amankan Satu Orang Pelaku Pencuri HP

Aceh

(Episode 1) “Uyem Uyem Kami Hana Pulang Kam Sibuk ! (Pinus Pinus Kami Ngapain Kalian Sibuk!!

Aceh

Suhardiansyah,S.Pd terpilih menjadi ketua APDESI Kabupaten Gayo Lues 2023 -2028, Berikut Harapannya!