Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Minggu, 21 Mei 2023 - 23:18 WIB

Kajari Gayo Lues dan Kalapas Kelas IIB Teken MoU Penanganan Overstaying

Portal Datiga, Gayo Lues- Kejaksaan Negeri Gayo Lues laksanakan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Memorandum Of Understanding (MoU) antara Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIB Blangkejeren dengan Kejaksaan Negeri Gayo Lues Tentang Penanganan Overstaying bertempat di Aula Kejaksaan, Senin (22/05/2023).

Overstaying dalam hal ini adalah Tahanan yang sudah lewat masa penahananya dan tidak atau belum ada perpanjangan penahanan atau pun surat penahanan berikutnya dan atau narapidana yang masih memiliki perkara lain tetapi masa pidana untuk perkara sebelumnya telah habis tetapi tidak/belum ada surat penahanan untuk perkara selanjutnya.

Adapun maksud dan tujuan di tandatanganinya Kesepakatan Bersama Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut adalah untuk mewujudkan

persamaan persepsi antara Aparat Penegak Hukum (APH) dalam ketatalaksanaan sistem peradilan pidana dalam rangka penanganan dan atau mewujudkan Zero Overstaying di Lapas Kelas IIB Blangkejeren, sekaligus turut menyukseskan resolusi pemasyarakatan dalam rangka mewujudkan Zero Overstaying Tahanan di Lapas/Rutan.

Menyikapi hal itu, Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi,S.H. menyambut baik pelaksanaan perjanjian kerjasama tersebut.

Selanjutnya prosesi penandatanganan MoU langsung oleh Kepala Lapas Kelas IIB Blangkejeren, Fathorrosi, A.Md.IP., S.Sos., M.Si selaku Pihak Pertama, dan Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H., selaku Pihak Kedua.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H. beserta Kasubagbin dan Para Kasi , Pejabat Utama Lapas Kelas IIB Blangkejeren , Pegawai Kejaksaan Negeri Gayo Lues dan Pegawai Lapas Kelas IIB Blangkejeren.

Secara keseluruhan pertemuan antara Kejaksaan Negeri Gayo Lues dengan Lapas Kelas IIB Blangkejeren berjalan dengan lancar, adapun hasil yang dicapai antara lain, terlaksana hubungan yang baik dengan pihak penahan, terlaksananya penaganan bagi tahanan yang akan habis masa penahannya pada H-10, H-3, dan H-1, terlaksananya perlindungan hukum bagi tahanan dengan tidak adanya Overstaying di Lapas Kelas IIB Blangkejeren.

Abdi Whienargayo

 

Share :

Baca Juga

Aceh

Polres Gayo Lues Kibarkan Bendera Merah Putih dalam Peringatan Hari Sumpah Pemuda ke-95 Tahun 2023

Aceh

Memasuki Ramadhan ke 20,  Polres Gayo Lues Terus lakukan door to door system salurkan bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri di Desa Penampaan 

Aceh

Kejaksaan Negeri Gayo Lues Dampingi Penyuluhan PTSL Bersama BPN Gayo Lues

Aceh

Kapolres Gayo Lues Adakan Jumat Curhat Bersama Forkopimda dan Unsur Masyarakat

Headline

Tanggapi Kabar Perubahan Sistem Pemilu 2024 Menjadi Proporsional Tertutup, SBY: KPU dan Parpol Akan Alami Krisis

Aceh

Polres Gayo Lues Buka Acara Responden Kuesioner Internal dan Eksternal ITK-O Tahun 2023

Aceh

Kapolsek Terangun Hadiri Acara Pelantikan Pengganti Antar Waktu (PAW) Para Pengulu di Kecamatan Terangun

Aceh

Koordinasi dengan Menko Perekonomian, Dirjen Penataan Agraria Laporkan Progres Reforma Agraria mencapai 358,38%