Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Kamis, 8 Juni 2023 - 05:06 WIB

BNNK Gayo Lues Rakor Advokasi Ketahanan Keluarga Anti Narkoba

Portal Datiga, Info Publik -BNNK Kabupaten Gayo Lues laksanakan rapat koordinasi dalam rangka fasilitas advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan Desa.

Kegiatan tersebut digelar di aula Cafe Black Kupi, Penggalangan, Kamis (8/6/2023).

Kepala BNNK Gayo Lues, Fauzul Iman Fauzul Iman, ST, M.Si menyampaikan maraknya penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba terus meningkat, dipengaruhi dengan terus berkembangnya modus operandi dan strategi yang semakin canggih dan variatif.

Program yang berfokus pada penguatan ketahanan keluarga ini merupakan implementasi adanya desa bersinar sesuai dengan SK Bupati Gayo Lues Nomor 414.13/455/2022 tentang Penetapan Kampung Bersih Narkoba (Bersinar), untuk menciptakan lingkungan masyarakat yang bersih dari Penyalahgunaan Narkoba, Program ketahanan keluarga anti narkoba diharapkan dapat menjadi suatu inovasi strategis dalam penguatan program P4GN, terutama sebagai suatu langkah implementasi penerapan program P4GN yang dapat diterima manfaatnya secara langsung oleh masyarakat secara umum dan keluarga secara khususnya untuk mewujudkan Gayo Lues yang islami mandiri dan sejahtera.

Ia melanjutkan, terkait program GDAD sudah membangun kemitraan dengan PT. Ujang Jaya International sebagai implementasi Misi ke 6 GDAD yaitu menyatukan dan mengerakan potensi masyarakat melalui kemitraan dan sinergi.

“Kerjasama dengan PT.Ujang Jaya Internasional, Pihak Starbuck dan koprasi CGML (Cofe Gayo Mountain Leuser) yang nantinya mampu mendongkrak PAD Kabupaten Gayo Lues lebih baik lagi kedepannya serta berdampak terhadap peningkatan ekonomi masyarakat Gayo Lues, serta program GDAD menjadi solusi mengurai permasalahan ganja yang ada di Gayo Lues diharapkan instansi terkait mampu bersinergi dan membentuk regulasi dalam upaya pencegahan P4GN,”, Ujarnya.

Sementara Plt.Sekda Gayo Lues Bapak Jata,S.E,M.M, membuka acara secara resmi sekaligus menyampaikan Desa Bersinar adalah satuan wilayah setingkat kelurahan/Desa yang memiliki kriteria tertentu di mana terdapat pelaksanaan program pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan dan peredaran gelap narkoba (P4GN) yang dilaksanakan secara masif.

Ia mengatakan, pelaksanaan advokasi program ketahanan keluarga anti narkoba berbasis sumber daya pembangunan Desa di Kabupaten Gayo Lues diharapkan dapat terwujud dengan komitmen bersama, dan berjalan dengan lancar pada akhirnya, ditandai dengan pernyataan komitmen dari seluruh peserta untuk mendukung pelaksanaan desa bersinar di kabupaten Gayo Lues dengan menyatakan perang terhadap narkoba.

Sekda Gayo Lues juga mengatakan sangat tepat sekali program yang dilakukan oleh Kepala BNNK Gayo Lues dengan menghadirkan para Babinsa , babinkamtibmas dan pengulu Desa yang seyogyanya selalu berinteraksi dengan masyarakat sehingga upaya P4GN ini dapat dapat dilaksanakan secara masif.

Ia juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada BNNK Gayo Lues yang telah aktif dalam berbagai kegiatan seperti pelatihan Life Skill salah satu keterampilan hidup yang di berikan kepada masyarakat yang mampu meningkatkan prekonomian masyarakat dan menambah nilai suatu barang/produk yang dihasilkan, karena kesempatan yang diberikan oleh BNNK Gayo Lues kepada masyarakat yang diberikan pelatihan Life Skill agar di ikuti dengan sebaik-baiknya.

“Saat ini pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Kesbangpol telah menyusun Tim terpadu P4GN tahun 2022, sebagai payung hukum dalam mencegah dan memberantas narkoba, lahirnya regulasi ini guna mendukung program P4GN,

tentunya setelah adanya peraturan bupati tahun 2022, kampung mengalokasikan anggaran melalui sumber daya pembangunan Desa,” tutupnya.

(Awg)

Share :

Baca Juga

Headline

Kamis Ini, AHY Akan Deklarasikan Capres Demokrat di Rapimnas

Aceh

Polres Gayo Lues bersama forkopimda ikuti acara Nuzul Qur’an di Mesjid Agung Ash-Shalihin Kota Blangkejeren

Aceh

Polres Gayo Lues bersinergi dengan TNI, Dinas Terkait, bersihkan Jalan Longsor

Gayo Lues

Dalam Minggu Ini, Dua Kali Pipa Perumda Air Minum Tirta Sejuk Dirusak

Aceh

Wakapolres Gayo Lues Pimpin Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni 2024

Aceh

Kapolres Gayo Lues bersama PJU dan Forkopimda serta tokoh masyarakat laksanakan Jum,at curhat “Cerak-Cerak Urum Serinen” Jelang Malam Takbir Idul Fitri 1 syawal 1444 H Diposyan Ops Ketupat Polres Gayo Lues

Headline

Rayakan Ultah Demokrat ke-22, AHY: Kemanusiaan dan Rakyat yang Utama

Gayo Lues

Kejari Gayo Lues Peringati HUT Ke-72 PERSAJA