Home / Gayo Lues / Headline

Kamis, 8 Juni 2023 - 01:10 WIB

Kajari Gayo Lues dan Kacabdin Gayo Lues Teken MoU Penguatan Kapasitas Institusi Pendidikan

Portal Datiga, Gayo Lues, Kejaksaan Negeri Gayo Lues dan Cabang Dinas Pendidikan Aceh Wilayah Gayo Lues laksanakan penandatanganan kesepakatan Mou Tentang Penguatan Kapasitas Institusi Pendidikan dan Penanganan Masalah Hukum Perdata dan Tata Usaha Negara.

Penandatanganan tersebut dilaksanakan di Aula Kantor Kantor Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Kamis (08/06/2023).

Dalam keterangan tertulisnya Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H.menjelaskan bahwa kerjasama ini didasarkan pada pemahaman akan pentingnya penguatan kapasitas institusi Pendidikan dan peningkatan kualitas sumber daya manusia bagi masing-masing institusi yang dimaksudkan untuk meningkatkan pengelolaan institusi kedua belah pihak, dengan memanfaatkan sumber daya manusia yang ada pada para pihak berdasarkan prinsip saling membantu dan saling menguntungkan selanjutnya.

Ia melanjutkan, tujuan ditandatanganinya Kesepakatan Bersama Memorandum Of Understanding (MoU) tersebut sebagai langkah hukum yang dapat dilakukan oleh pihak Jaksa Pengacara Negara (JPN) dalam pelaksanaan nota kesepahaman tersebut adalah meliputi kegiatan bantuan hukum, pertimbangan hukum dan Tindakan hukum lain di Bidang Perdata dan Tata Usaha Negara.

“Adapun ruang lingkup kerjasama ini antara lain, Pengembangan Sumber Daya Manusia, Penyuluhan dan Penerangan Hukum, Kunjungan Belajar, Guru Tamu, dan lain-lain yang dianggap Penting,” Ujarnya.

Sementara Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues Bapak Basri S.Pd. menyampaikan terima kasih dengan adanya Memorandum of understanding (MoU) dan sekaligus dengan adanya Penerangan Hukum Program Pembinaan Masyarakat Taat Hukum (BINMATKUM) ini kami lebih memahami lagi tentang hukum.

Ia juga menjelaskan jumlah Kepala sekolah ada 20 kepala sekolah yang dibawah jajaran kepala Dinas Cabang Gayo Lues, dan 1001 siswa.

“Banyak siswa yan tidak bersekolah, dalam artian dia tidak melanjutkan sekolah tapi lanjut ke pasantren, kami selalu mensosialisasikan kepada masyarakat tentang pentingnya pendidikan,” Tandasnya.

Selanjutnya prosesi penandatanganan MoU langsung oleh Kepala Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Kabupaten Gayo Lues, Basri, S.Pd. selaku Pihak Pertama, dan Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H., selaku Pihak Kedua.

Secara keseluruhan pertemuan antara Kejaksaan Negeri Gayo Lues dengan Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues berjalan dengan lancar, adapun hasil yang dicapai antara lain, terlaksana Pengembangan sumber daya manusia, Penyuluhan dan penerangan hukum, Kunjungan belajar dan Guru tamu di Cabang Dinas Pendidikan Wilayah Gayo Lues.

(Awg)

 

Share :

Baca Juga

Aceh

PJ Bupati Alhudri Dimata LIRA Gayo Lues Adalah Orang yang tegas dan Pekerja Keras

Aceh

Kadis Perhubungan Gayo Lues Irwansyah, Apresiasi Laporan tentang Minimnya PJU

Aceh

Dana Outsus , 80% Provinsi , 20 % Kabupaten/kota. Adilkah?

Aceh

Cegah Karhutla, Kapospol Blangjerango Pasang Spanduk Himbauan

Aceh

Kapolres Gayo Lues  Hadiri Sosialisasi Teknis Penanganan Perkara Koneksitas di Aula Kajari Gayo Lues

Gayo Lues

Sepmor Terjun Ke Jurang Sedalam 25 Meter di Genting Pining

Aceh

Unit Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues Amankan Satu Orang Pelaku Pencuri HP

Aceh

Asraf mahasiswa Universitas Gajah Putih Takengon (UGP) menghimbau agar mahasiswa tetap melaksanakan wisuda