Home / Gayo Lues / Headline

Minggu, 25 Juni 2023 - 07:25 WIB

Perikanan di Gayo Lues Harus Berubah, “Enti Iken Peh Ari Deret”

Portal Datiga, Opini- Abdi Shalihin S.Pi adalah salah satu putra kelahiran Kabupaten Gayo Lues Provinsi Aceh dan pernah menimba ilmu pengetahuan bidang perikanan di Balai Besar Perikanan Budidaya Air

Payau Jepara-Jawa Tengah (Sudah terverifikasi oleh BNSP Bidang Perikanan Budidaya dan Terverifikasi Oleh Badan Pangan Nasional).

Kabupaten Gayo Lues adalah negeri di atas awan berdataran tinggi yang memiliki alam begitu asri, memiliki lahan sangat luas, dan air tawar yang melimpah.

Problematika sektor perikanan yang dihadapi setelah melihat secara langsung, yakni “kekayaan alam yang begitu luas, tapi belum maksimalnya eksplorasi dari segi bidang pembudidayaan perikanan saat ini”.

Harapannya agar di Kabupaten Gayo Lues adanya perubahan kedepannya yang nyata dari Dinas Perikanan dan Pangan selaku pihak terkait.

Bagaimana caranya eksplorasi dan harus nyata perubahannya?

Menurut saya selaku alumni perikanan yaitu dengan cara “berikanlah kesempatan pada para alumni mahasiswa perikanan untuk berdedikasi ilmu pengetahuan mereka di negeri sendiri dan untuk penganggaran serta pengunaan dana dari pihak pemerintah harus ditata kelola yang maksimal untuk sektor perikanan”.

Ada 2 wejangan begitu sempurna yakni:

“Alam begitu luas harus diimbangi oleh bidang perikanan yang maksimal ”

“Enti Iken Peh Ari Deret”

Juga salah satu pesan dari Bapak Agus Setiadi di Balai Besar Perikanan Budidaya Air Payau Jepara yang penulis dapatkan, yaitu “untuk pencapaian ekonomi kabupaten/kota yang kuat juga bisa datang dari sektor perikanan, dengan cara akselerasi antara alumni mahasiswa perikanan, pelaku usaha, dan Dinas terkait itu sendiri”.

Mari sama-sama mewujudkan sektor perikanan yang nyata untuk tujuan kemakmuran pembudidaya yang juga masyarakat di Kabupaten Gayo Lues. Semoga kedepannya Bupati maupun Kepala Dinas Pangan dan Perikanan bisa lebih memberikan ruang dan memperbanyak lagi bersinergi dengan semua lulusan alumni mahasiswa perikanan di kita ini.

Penulis: Abdi Shalihin, S.Pi

Share :

Baca Juga

Aceh

Satlantas Polres Gayo Lues sediakan truck antar jemput anak sekolah gratis

Aceh

19 Tahun PDAM Tirta Sejuk, Melayani Sepenuh Hati Menuju PDAM Sehat dan Profesional

Aceh

Antisipasi Arus Balik Lebaran, Personel Pam Ops Ketupat Seulawah Polres Gayo Lues Siaga di Jalur perbatasan rumah BundarĀ 

Aceh

Jum’at Curhat, Kapolres Gayo Lues Silaturahmi dengan Insan Pers & Tokoh Masyarakat

Headline

Pidato Politik AHY: Pemerintah Janjikan Ekonomi Tumbuh, Tapi Malah Utang Yang Meroket

Aceh

Polres Gayo Lues Gelar Penanaman Pohon Serentak dengan Tema “Penanaman Sepuluh Juta Pohon Bersama Polri”

Gayo Lues

Peringati Hari Maulid Nabi Muhammad, Kejari Gayo Lues Santuni Anak Yatim

Aceh

Kehilangan Mas seberat 6,6 Gram Dan R Laporkan Pelaku Ke SPKT Polres Gayo LuesĀ