Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Rabu, 26 Juli 2023 - 20:06 WIB

Tingkatkan Kualitas Dayah , Dinas Pendidikan Dayah Kab.Gayo Lues Gelar Pelatihan Administrasi Dayah

    Foto sambutan Kepala Dinas Pendidikan Dayah Sukrimas, S.Kep

Portaldatiga.com – Gayo Lues | Sebagai salah satu upaya meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan di Pesantren/Dayah, Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui Dinas Pemberdayaan Dayah, menggelar Pelatihan Administrasi Ketatausahaan Lembaga Dayah atau Pesantren. Pelatihan yang diperuntukkan bagi para pengelola Dayah/Pesantren ini digelar di Aula Hotel Nusa Indah, Kecamatan Blangkejeren dan dibuka oleh PJ Bupati Kabupaten Gayo Lues yang diwakili Oleh Asisten I, H.Muslim, SE, M.AP , Kamis (27/7/2023).

Jalaluddin, S.Pd Sekretaris Dinas Pendidikan Dayah Kab.Gayo Lues sekaligus Ketua Panitia Kegiatan ini menyampaikan Pelatihan tersebut bertujuan meningkatkan kualitas dan pengembangan kelembagaan dan tata kelola ketatausahan dan administrasi pada Dayah atau Pondok Pesantren yang terdapat di wilayah Kabupaten Gayo Lues.

” Ada 164 orang peserta yang mengikuti kegiatan pelatihan ini, kegiatan dilaksanakan selama 3 (tiga)hari , hari ini sebanyak 47 orang , Hari kedua 70 org yang meliputi KTU setiap Dayah, dan di Hari ke tiga peserta berjumlah 47 orang dalam hal peningkatan mutu” jelas Jalaluddin.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan Dayah Sukrimas, S.Kep menyampaikan dalam kata sambutannya. Dari 717 Guru Pesantren SE Kabupaten Gayo Lues, yang terpilih untuk mengikuti kegiatan Pelatihan inj sebanyak 47 orang guru.

” pelaksanaan kegiatan pelatihan ini merupakan suatu agenda strategis yang dalam upaya pembinaan tenaga ketatausahaan dan administrasi pada Dayah atau Pasantren yang ada di wilayah Kabupaten Gayo Lues, khususnya dalam hal IT .kedepan Dayah harus juga mampu mengelola wibsite. Kita tidak ingin Dayah di pandang setengah mata. Dayah harus mampu menjadi yang terdepan dalam hal tatausaha administrasi yang Baik” kata Sukri.

Kepala Dinas Pendidikan Dayah menambahkan, kita berharap melalui pelatihan ini, pengelolaan Administrasi dan Ketatausahan di Dayah akan semakin baik serta dapat meningkatkan tertib administrasi dan kearsipan Dayah dan Pasantren di era digital untuk pengembangan mutu dan kualitas pengelolaan Dayah di Kabupaten Gayo Lues yang berorientasi kedepan.

Lebih lanjut Asisten, I H.Muslim di era teknologi informasi saat ini, pengunaan sarana komputer maupun aplikasi sebagai media tata kelola ketatausahan merupakan salah satu hal yang lumrah sesuai dengan pemenuhan kebutuhan masyarakat. Buktinya, penggunaan sarana tersebut mampu mewakili perkembangan teknologi informasi dan komunikasi pada setiap aspek kehidupan, termasuk pada bidang pendidikan dan riset, menggunakan komputer sebagai alat bantu untuk menghasilkan penelitian yang bermanfaat.

Oleh karenanya, Pelatihan Tenaga Ketatausahan Dayah dan Pasantren yang dilakukan Pemerintah Daerah melalui Dinas Pendidikan Dayah ini, merupakan salah satu terobosan untuk meningkatkan tata kelola dan sistem administrasi Dayah/Pasanten yang lebih baik dan profesional. (Rc)

 

Share :

Baca Juga

Gayo Lues

Perumda Air Minum Tirta Sejuk Laksanakan Kegiatan Acara HUT ke 20

Aceh

Serahkan Sertipikat Tanah Wakaf Elektronik, Menteri AHY: Semangat Pemerintah Modernisasi Layanan Pertanahan

Aceh

Menteri AHY Jelaskan Tentang Reforma Agraria Dan Agenda Undangan Bank Dunia Pada Para Diplomat RI

Aceh

PJ Bupati Alhudri Dimata LIRA Gayo Lues Adalah Orang yang tegas dan Pekerja Keras

Aceh

Polres Gayo Lues dan Sat Brimob Kompi 4 Yon C  Sediakan Truck Antar Jemput Anak Sekolah Gratis

Aceh

Ketua Koni Gayo Lues Dukung Penuh Jamil Atlet Wushu

Aceh

Kajari Gayo Lues Dan Perumda Air Minum Tirta Sejuk Tandatangani Perpanjangan MoU

Aceh

PT KHBL Tetap Beli Getah Pinus, Sementara Gondorukem Tidak Laku di Pasaran Global