Home / Gayo Lues / Headline

Selasa, 3 Oktober 2023 - 01:27 WIB

Peringati Hari Maulid Nabi Muhammad, Kejari Gayo Lues Santuni Anak Yatim

Portal Datiga, Gayo Lues – Keluarga besar kejaksaan Negeri Gayo Lues laksanakan laksanakan acara peringati hari Maulid Nabi Muhammad SAW 12 Rabiul Awal 1445 di Aula Kantor Kejaksaan, Selasa (03/10/2023).

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H, Para Kasi dan Kasubbagbin Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Penceramah, Ustad Adam, Para Ibu-ibu Ikatan Adhyaksa Dharma Karini Daerah Gayo Lues, Seluruh Staff Kejaksaan Negeri Gayo Lues dan Anak anak yatim Pesantren Nurul Azam.

Dalam kegiatan itu, sebagai bentuk sumbangsih Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues juga memberi santunan kepada anak yatim yang bersekolah di Pesantren Nurul Azam, Desa Sentang, Kecamatan Blangkejeren, Kabupaten Gayo Lues.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H. menyampaikan, acara memperingati Maulid Nabi Besar Muhammad SAW ini merupakan bentuk keimanan dan ketaq’waan sebagai umat muslim dalam menteladani sifat-sifat dan akhlak Nabi besar Muhammad SAW sehingga kita dapat menjalani tugas kedinasan dan dalam membina rumah tangga dengan baik serta meningkatkan pelayanan yang optimal terhadap masyarakat.

Ia melanjutkan, terkait 4 sifat terpuji yang dimiliki oleh Nabi Muhammad SAW yakni shiddiq, amanah, tabligh, dan fathanah;

Yang mana Shiddiq memiliki arti jujur. Sikap ini adalah sebuah sikap esensial yang harus dimiliki oleh setiap orang, mengapa demikian? Karena kejujuran merupakan sebuah modal utama untuk dapat percaya satu sama lain.

Kedua adalah amanah yang berarti dapat dipercaya. Selain memiliki sifat jujur, seseorang harus berusaha agar dirinya dapat dipercaya dalam mengemban suatu tugas. Sifat amanah yang dimaksud adalah melaksanakan tugas yang diberikan kepadanya dengan penuh tanggung jawab.

Ketiga, tabligh yang berarti menyampaikan. Seseorang harus dapat menyampaikan amanah yang diberikan kepada orang yang berhak menerima amanah tersebut.

Terakhir, fathonah yang berarti cerdas. Cerdas bukan berarti terkait pembelajaran akademik saja, tetapi juga tentang cara seseorang untuk dapat memanfaatkan peluang yang ada di dalam hidupnya, atau terkait mencari solusi yang tepat terhadap sebuah masalah yang sedang dihadapinya.

Ustad Adam sebagai penceramah menyampaikan, maulid adalah momen yang istimewa, karena dalam kehidupan Rasulullah terkandung segala teladan dan tuntunan bagi umat manusia. Mari kita gunakan kesempatan ini untuk mengingat dan memahami pesan-pesan luhur yang beliau sampaikan kepada kita semua.

Salah satu ajaran utama yang diajarkan oleh Nabi Muhammad SAW adalah ajaran tentang kasih sayang dan kepedulian terhadap sesama. Beliau adalah suri tauladan yang sempurna dalam memperlakukan semua orang dengan baik, tanpa memandang suku, bangsa, atau agama.

Kita diajarkan untuk mengasihi sesama manusia, membantu yang membutuhkan, dan selalu berusaha menjadi individu yang bermanfaat bagi Masyarakat.

Selain itu, jika ingin berumah tangga benar dan nyaman, tidak hanya berniat untuk bersatu, namun juga diniatkan untuk mendekatkan diri kepada Allah, dalam menjalani hidup berumah tangga, pasangan hendaknya senantiasa melengkapi satu sama lain.

“Melengkapi itu saling menyempurnakan, dalam berumah tangga tidak harus selalu merasakan hal yang sama, kadang-kadang ada kekurangan di pihak suami dilengkapi pihak istri begitu sebaliknya,”, pungkasnya.

Abdi Whienargayo

Share :

Baca Juga

Gayo Lues

Demokrat Gayo Lues Gelar Konsolidasi

Aceh

Sebanyak 2,4 Juta Bidang Tanah Terdaftar dalam 100 Hari Kerja Menteri AHY

Aceh

Bertemu Mahasiswa Indonesia yang Berkuliah di New York City, Menteri AHY Jelaskan Arti Penting Kepastian Hak Atas Tanah*

Aceh

Mobil Terios Terjun masuk Irigasi di Gayo Lues 

Aceh

Dalam Rangka HUT Polwan Ke 75. Jajaran Polres Gayo Lues Laksanakan Curhat Pagi Cerak-Cerak Urum Serinen. 

Aceh

Ketua Pemuda Santri Pancasila Aceh Barat H. Ramli MS Gelar Halal BI Halal. ini Pesannya 

Aceh

Polisi RW Hadiri Upacara Hari Santri 2023 yang Digelar Oleh KEMENAG Gayo Lues

Aceh

Alhudri Kepada Diskominfo: Masyarakat Berhak Tahu Kegiatan Pejabat