Home / Gayo Lues / Headline

Minggu, 8 Oktober 2023 - 21:16 WIB

Dinas Perizinan Gayo Lues Bimtek Perizinan Berusaha Berbasis Resiko (OSS-RBA)

Gayo Lues, Portal Datiga – Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gayo Lues laksanakan kegiatan bimbingan teknis, dan sosialisasi perizinan berusaha berbasis resiko (OSS-RBA) dan pelaporan LKPM secara online.

Kegiatan yang diikuti 250 peserta dari pelaku UMKM tersebut dilaksanakan selama tiga di Hotel Nusa Indah Kute Lintang, dan dibuka secara resmi oleh Asisten III Ir. Bambang Waluyo, Senin (09/10/2023).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gayo Lues, Abdul Karim, SE dalam sambutannya menyampaikan kegiatan bimtek / sosialisasi implementasi perizinan (OSS-RBA) dan Implementasi pelaporan LKPM secara Online mempunyai maksud dan tujuan pertama memberikan bimbingan teknis tentang kebijakan Pemerintah dalam program investasi dalam upaya peningkatan investasi penanaman modal di Indonesia umumnya dan Kabupaten Gayo Lues khususnya.

Kedua memberikan informasi tentang tata cara dan mekanisme serta hak dan kewajiban pelaku usaha, ketiga menerima masukan dan saran dari pelaku usaha atas tantangan dan hambatan dalam melaksanakan kegiatan berusaha.

Keempat memberikan penjelasan atas kebijakan pengembangan kepada pelaku usaha besar dan menengah dalam memajukan pengembangan investasi di Kabupaten Gayo Lues, kelima untuk membekali para pelaku usaha tentang tata cara membuat Laporan Kegiatan Penanaman Modal (LKPM) secara online dan terkahir membekali para pelaku usaha bagaimana cara menjalankan usaha supaya tidak mempunyai dampak terhadap lingkungan hidup.

Selain itu, Abdul Karim menjelaskan berdasarkan data dari OSS, Jumlah Investasi yang masuk di Kabupaten Gayo Lues dari semua pelaku usaha sejak Januari sampai dengan September 2023 sebesar Rp. 347.937.779.635,- (Tiga Ratus Empat Puluh Tujuh Miliyar Sembilan Ratus Tiga Puluh Tujuh Juta Tujuh Ratus Tujuh Puluh Sembilan Ribu Enam Ratus Tiga Puluh Lima Rupiah) dengan jumlah pelaku usaha secara OSS sejumlah 488 Perusahaan / Lembaga / Koperasi dan perorangan. Sesuai dengan jenis KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia) yang diajukan.

Ia melanjutkan Pemerintah Kabupaten Gayo Lues dalam menggaet investor untuk menanamkan modalnya di Kabupaten Gayo Lues mengalami beberapa hambatan diantaranya, Masih minimnya regulasi yang pro investasi, Masyarakat dan lingkungan sekitar (iklim investasi) belum sepenuhnya mendukung, Ketersediaan dan Kualitas Infrastruktur yang belum memadai, Masih rendahnya ketersediaan bahan baku lokal dalam mendukung kegiatan berusaha, Kondisi Pasar masih kecil, sehingga produk yang dihasilkan harus dipasarkan keluar, dan Kondisi Kabupaten Gayo Lues yang hampir 75 % berada didalam kawasan, baik TNGL, KEL maupun kawasan lindung lainnya.

“Dari hambatan yang kami sebutkan tadi diperlukan kerjasama semua pihak, terutama dinas teknis untuk mendukung masuknya investasi ke Gayo Lues, dukungan tersebut berupa pengalokasian anggaran untuk mendukung kemudahan berinvestasi di Kabupaten Gayo Lues,”, Ujarnya.

Pemerintah Kabupaten Gayo Lues melalui DPMPTSP juga akan memfasilitasi pelaku usaha yang mengalami kendala dalam merealisasikan investasi di Kabupaten Gayo Lues dengan mengundang Narasumber sesuai dengan permasalahan yang dihadapi oleh pelaku usaha.

“Kami berharap agar peserta dapat mengikuti pelatihan ini dari awal sampai dengan akhir, sehingga dapat memahami tatacara pendaftaran izin berusaha berdasarkan jenis KLBI nya, dan diharapakn bagi pelaku usaha untuk menyampaikan Laporan Pelaksanaan Penanaman Modal (LKPM) yang terintegrasi dalam OSS RBA secara triwulan maupun semester sesuai dengan jenis usaha nya,”, Pungkasnya.

 

Abdi Whienargayo

 

Share :

Baca Juga

Aceh

Oknum Pimpinan Pesantren di Aceh Tenggara Lecehkan 8 Santriwati

Aceh

Ketua APDESI: Syakir MSi Pelita Bagi Kegelapan Birokrasi Aceh Tenggara, Muslim Minta Pj Bupati Diperpanjang 

Headline

Hadapi Pemilu 2024, Demokrat-Gerindra Sepakat Jaga Stabilitas Politik Nasional

Gayo Lues

Tim Gabungan Penanggulangan Bencana Gayo Lues Laksanakan Aksi Simulasi

Gayo Lues

Maju Pilkada Kabupaten Gayo Lues, Pasangan Muhammad Amru-Idris Arlem Mendaftar ke Demokrat

Aceh

Masyarakat Dusun Sesik, Desa Kutelintang  kec. Blangkejeren dan Desa Rerebe kec. Dabun Gelang  Mendapatkan “Bantuan Kemanusiaan Untuk Negeri” dari Polres Gayo Lues

Aceh

KaposPol Blangjerango Hadiri Kegiatan Penyaluran Bidang Pemberdayaan Kampung Tingkem

Aceh

FoMPA Ucapkan Selamat Kepada Drs, Al-Hudri MM Sebagai PJ Bupati Gayo Lues