Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Selasa, 7 November 2023 - 20:55 WIB

Sekda LIRA Gayo Lues: Dana Bos Wajib Di Umumkan di papan Pengumuman Sekolah 

 

portaldatiga.com| Gayo Lues – Sekretaris Daerah (Sekda) Lumbung Informasi Rakyat (LIRA) Kabupaten Gayo Lues Ricky Udayara,SE.I mempertegas kepada Pengelola Sekolah di Kabupaten Gayo Lues bahwa Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) Wajib di umumkan di papan pengumuman setiap sekolah. November 2023.

Hal ini di ungkapkan Ricky melihat masih banyaknya kesimpang siuran terkait informasi dan pemahaman publik terhadap penggunaan Dana Bos oleh pihak sekolah.

“Publik sering kali curiga terhadap sekolah di semua tingkatan terkait penggunaan dana BOS, apakah sudah sesuai dengan ketentuan yang berlaku dan apakah memang telah di manfaatkan secara benar oleh pihak sekolah, hal ini muncul karena banyaknya pihak sekolah yang terkesan tidak transparan terhadap penggunaan dana bos, yang seyogyanya sudah menjadi hak publik untuk mengetahuinya, terutama siswa , guru komite sekolah, orang tua serta masyarakat” .ungkap Ricky

Bukan tidak mendasar Sekda LIRA mengungkapkan statmen ini. Hal ini Sesuai Petunjuk Teknis (juknis) BOS Reguler Tahun 2020, peningkatan transparansi penggunaan dana BOS oleh sekolah akan semakin optimal. Dan situasi yang kerap kali memunculkan potensi konflik di tengah tengah masyakarat terhadap hak pengajar dan peserta didik di sekolah. Karena dasar penentuan besaran dana bos sangat tergantung jumlah peserta didik yang notabene adalah siswa/i yang menjalani proses pendidikan. Dan dana BOS itu saat ini langsung di transfer ke rekening sekolah yang bersangkutan.

Ricky kemudian menjelaskan mekanisme dana BOS disalurkan dari Pemerintah Pusat ke seluruh sekolah. Pemerintah akan menyalurkan ke rekening sekolah atau rekening kepala sekolah di sekolah tersebut. Setelah itu kepala sekolah sebagai pemimpin di sekolah tersebut akan mengalokasikan dana BOS untuk berbagai keperluan sekolah, antara lain pembelian buku, gaji guru honorer, hingga kebutuhan teknis sekolah. Melalui laman BOS, kepala sekolah akan melaporkan penggunaan dana BOS setiap bulan, lengkap dengan bukti pembayarannya.

“Mengapa kepala sekolah kerap kali menjadi sorotan, karena ya kepala sekolah sebagai pemimpin tertinggi di sekolah karena yang paling tahu cara menggunakan dana BOS ya kepala sekolah, bukan daerah di mana sekolah itu berada”.

Bantuan Operasional Sekolah (BOS) merupakan program pemerintah pusat untuk membantu pendanaan biaya operasional sekolah yang bisa digunakan untuk administrasi kegiatan sekolah, penyediaan alat-alat pembelajaran, pembayaran honor, pengembangan perpustakaan, pemeliharaan sarana dan prasarana sekolah, dan lain-lain. Jumlah dana BOS untuk setiap sekolah ditentukan berdasarkan banyaknya siswa. Tutup Ricky. (Tim)

Share :

Baca Juga

Aceh

Door to Door System (DDS), Polres Gayo Lues Blusukan ke Desa Badak Bagikan Bantuan Kemanusiaan

Headline

Pasca Pertemuan Cak Imin dan SBY, AHY: Jaga Pemilu 2024, Jangan Ada Intervensi, Intimidasi dan Kecurangan

Headline

Silaturahmi ke JK, AHY: Kami Perlu Pandangan Beliau Sebagai Tokoh Bangsa dan Negarawan

Headline

Buka Bimtek Fraksi Demokrat, AHY: Menangkan Pileg 2024!

Aceh

19 Tahun PDAM Tirta Sejuk, Melayani Sepenuh Hati Menuju PDAM Sehat dan Profesional

Aceh

Kungker Aspidmil Kejati Aceh Disambut Hangat Forkompinda dan Seluruh Pegawai Kajari Gayo Lues

Aceh

Konslet Arus Pendek Sebabkan Kebakaran di Desa Tungel Rikit Gaib

Aceh

Menghadapi Megang, Tim Patroli Polres Gayo Lues Tingkatkan Keamanan