Home / Aceh / Aceh Tengah / Headline

Jumat, 12 Januari 2024 - 04:31 WIB

PENGADAAN TANAH UNTUK AREAL PERKUBURAN GUNAKAN DANA DESA

 

portaldatiga.com – Takengon – Pada dasarnya Pemerintah mendidik Pemerintah Desa agar tidak berhasrat tinggi untuk membeli lahan karena ada motif mencari keuntungan. Desa dapat membeli tanah dengan Dana Desa untuk keperluan investasi ekonomi produktif yang sebaiknya dengan perhitungan dan perencanaan yang matang. Misalnya,Desa dapat membeli lahan warga untuk pengadaan pasar Desa, embung Desa, gedung serba guna, saluran irigasi, jalan usaha tani dan sebagainya. Kalau Desa sudah kaya maka bisa membeli lahan untuk pengadaan lapangan.

Sementara pembelian lahan untuk pengadaan kantor Desa, kuburan, rumah ibadah, lapanan, perpustakaan Desa, sanggar seni dan belajar, PAUD, Posyandu belum menjadi prioritas.

Namun berbeda halnya dengan kampung Empus Talu  yang berada di kabupaten Aceh Tengah kecamatan bebesen, menurut keterangan Sekretaris desa pengadaan tanah perkuburan ini merupakan hasil musyawarah bersama RGM (Rakyat Genap Mupakat) atau disebut dengan BPD (Badan Permusyawaratan Desa)

Yang memprioritaskan pembelian lahan yang berada di Kampung Tensaran Kecamatan Bebesen dengan pagu anggaran sebesar Rp.80.700.492,-. Dana Desa TA 2023

“Yang di beli dari warga Kampung Tensaran Nama nya Lupa” ujar Kepala Desa / Darwin.

(Agus)

Share :

Baca Juga

Aceh

Ini Tokoh Muda Gayo Lues Miliki Peluang jadi Calon Bupati dan Wakil Bupati

Aceh

Jumat curhat bersama kapolsek Blangkejeren, masyarakat Desa Kampung Jawa minta Muspika bentuk program berantas kenakalan remaja dikampung- kampung

Aceh

Warga Bener Meriah Meninggal Saat Nyetir di Ulee Kareng

Aceh

Satlantas Polres Gayo Lues sediakan truck antar jemput anak sekolah gratis

Gayo Lues

Ahmad Yani Klarifikasi Soal Berita 12 Dosa Pj. Bupati Gayo Lues: Saya Minta Maaf

Headline

Rayakan Ultah Demokrat ke-22, AHY: Kemanusiaan dan Rakyat yang Utama

Aceh

Mahasiswa Aceh Tenggara Susun Langkah Taktis, Seret Mafia Aset ke Meja Hijau

Aceh

Wah! Diduga Berani Gelapkan Bantuan Pengadaan Mesin Industri Kreatif Senilai 475jt!