Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Jumat, 23 Februari 2024 - 21:47 WIB

Kajari Gayo Lues Serahkan 20 Sertifikat ke Mahasantri Tahap IV

Portal Datiga, Gayo Lues – Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues serahkan 20 sertifikat kepada Mahasantri Tahap IV di Rumah Tahfidz Adhyaksa Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Jum’at (23/02/2024).

Dalam press release tertulisnya, Sabtu (24/02/2024), Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, SH menjelaskan program Tahfidz Mahasantri merupakan salah satu program hafiz yang ada di rumah tahfidz Adhyaksa kejaksaan negeri Gayo Lues, yang mana kegiatan ini melibatkan Mahasiswi dari kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues yang dikelola atau dibina langsung oleh Yayasan Rumah Belajar Berkah Gayo Lues.

“Program ini menjadi program rutin setiap 3 bulan sekali dikarenakan proses pembinaan  dilakukan secara bertahap dan berkelanjutan, yang mana program Tahfidz Mahasantri ini menjadi program wajib bagi mahasiswi yang berkuliah di kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues, di karenakan ketika semester VII Mahasiswi diwajibkan mengambil mata kuliah Tahfidzul Qur’an dan Qassasul Qur’an yang masing-masing memiliki beban sks sebanyak 2 SKS, sehingga kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues berinisiatif untuk program Tahfidz Mahasantri ini sebagai pengganti dari 2 MK wajib yang telah di tentukan,”, Ujarnya.

Selain itu, Kajari Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H. mengucapkan terima kasih kepada Yayasan Rumah Belajar Berkah yang telah mengadakan kerjasama dengan Rumah Tahfidz Adhyaksa Kejaksaan Negeri Gayo Lues untuk melaksanakan karantina, sehingga berjalan dengan lancar tanpa ada kendala.

“Mengucapkan selamat kepada para santriwati yang telah melaksanakan kagiatan dengan antusias sehingga mampu untuk menghafal Al-Quran, bahkan ada yang sampai 10 Jus Al-Quran, untuk itu sejumlah santriwati dengan hafalan terbanyak, Santriwati Teladan, dan santriwati disiplin diberikan penghargaan,”, Ungkapnya.

Fahmi berharap kedepan supaya 30 orang santri yang telah selesai dikarantina di Rumah Tahfidz Adhyaksa Kejaksaan Negeri Gayo Lues dapat mengamalkan ilmu yang telah diberikan sehingga menjadi berkah dan dimanfaatkan dalam kehidupan sehari-hari.

“Alhamdulillah pada malam hari ini, telah di serahkan sertifikat kelulusan untuk alumni ke empat, yang mana alumni pertama berjumlah 18 orang, alumni ke dua berjumlah 15 orang, dan alumni ke tiga berjumlah 12 orang, sesuai dengan standar penilaian oleh pembina asramanya, maka semua  mahasantri ini telah lulus mengikuti program Tahfidz Mahasantri di Rumah Tahfidz Adhyaksa kejaksaan negeri Gayo Lues,”, Ungkapnya.

Fahmi juga menerangkan, untuk kegiatan edukasi dalam program Tahfidz Mahasantri ini, pihak pengelola Yayasan Rumah Belajar Berkah Gayo Lues, berinisiatif untuk melaksanakan beberapa kegiatan edukasi pendukung dalam program Tahfidz ini, diantaranya : tahfidz camp, dan kajian fikih wanita, adapun kegiatan edukasi ini dilakukan adalah untuk menguatkan  pemahaman akan Al-Qur’an.

Selain Program Tahfidz Mahasantri, di rumah tahfidz Adhyaksa kejaksaan negeri Gayo Lues juga memiliki beberapa program yang lain, diantaranya program karantina Qur’an yang dilaksanakan selama satu tahun sekali, yaitu ketika bulan suci Ramadhan, yang mana program ini melibatkan seluruh siswa/i SD yang ada di kabupaten Gayo Lues.

Untuk tahun 2024 ini, program karantina Qur’an sudah memasuki tahap 4 yang insya Allah program ini akan terus berkelanjutan guna untuk mendukung program pemerintah kabupaten Gayo Lues dalam mewujudkan negeri 1000 hafidz.

“Demikian kami sampaikan, bahwa rumah tahfidz Adhyaksa kejaksaan negeri Gayo Lues dikelola oleh yayasan Rumah Belajar Berkah Gayo Lues, yang tahun ini sudah memasuki tahun ke empat, dan yayasan Rumah Belajar Berkah Gayo Lues juga menggandeng kampus STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues sebagai mitra ketiga dalam melaksanakan program yang telah ditentukan,”, Pungkasnya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kepala Kejaksaan Negeri Gayo Lues, Ismail Fahmi, S.H, Kadis Dayah Gayo Lues, H.Sukri Mas, Para Kasi dan Pegawai Kejari Gayo Lues, Ketua STIT Syekh Saman Al-Hasan Gayo Lues, Fitriani, M.Pd.I, Ketua Yayasan Rumah Belajar Berkah, Serimah Aini, S.Pd., M.Pd dan Para Mahasantri Tahap IV.

Abdi Whienargayo

Share :

Baca Juga

Aceh

Resmi Pensiun dari ASN, Thalib Kembali Mengabdi Lewat Jalur Politik

Aceh

Ketua PPS Bale Nosar Klarifikasi Adanya Dugaan dan Permainan Penyelenggara di TPS nya

Aceh

PT.KHBL Salurkan Bantuan Korban Kebakaran Kampung Tungel Rikit Gaib

Aceh

Kapolres Gayo Lues Tegaskan , Menjelang Pemilu 2024 Agar Personelnya Netral. 

Aceh

Satreskrim Polres Gayo Lues Amankan pelaku pembacokan Penderes Getah Pinus

Aceh

Bhabinkamtibmas Polres Gayo Lues ikuti rapat Anev Penggunaan Aplikasi BOS-V2 Dengan Ditbinmas Polda Aceh

Gayo Lues

Rentetan Peristiwa di Gayo Lues, dari Pembuangan Bayi sampai Pembunuhan Sadis

Aceh

Masyarakat Mekar Jadi Ayu Ungkapkan Kekecewaan Mereka Terhadap Kinerja Pemda Bener Meriah