Home / Aceh / Gayo Lues / Headline / Home

Jumat, 15 Maret 2024 - 19:37 WIB

Acak-acak Pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues

Portal Datiga – Berdasarkan Keputusan yang di tandatangani Ketua KPU Pusat, Hasyim Asy’ari ini Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak ini akan dilaksanakan, Rabu 27 November 2024 mendatang.

Untuk tahapan penyelenggaraan diawali dengan pemenuhan persyaratan dukungan pasangan calon perseorangan 5 Mei sampai dengan 19 Agustus 2024, pengumuman pendaftaran pasangan calon 24 sampai dengan 26 Agustus 2024, pendaftaran pasangan calon 27 – 29 Agustus 2024, penelitian persyaratan calon 27 Agustus – 21 September 2024.

Penetapan pasangan calon 22 September 2024. Pelaksanaan kampanye 25 September s-d 23 November 2024 dan pelaksanaan pemungutan suara 27 November 2024.

Dilanjutkan penghitungan suara dan rekapitulasi hasil penghitungan suara 27 November sampai dengan 16 Desember 2024.

Melihat tanggal dan bulan yang telah ditetapkan oleh KPU pusat, penjaringan pasangan Balon Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues sepertinya harus disegerakan bagi tokoh-tokoh politik Gayo Lues.

Namun, faktanya hingga hari ini belum ada satu partai pun yang benar-benar menunjukkan siapakah pasangan calon kandidat yang akan diusungnya. Alasannya tidak ada yang tahu, belum siap, malu atau apa, anggap saja semua sedang mempersiapkan jaringan sebelum menjaring.

Tapi sebagai masyarakat, penulis akan mencoba mengacak-acak pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues 2024.

Siapakah paling Potensial?

Jika ada yang bertanya siapa tokoh potensial maju sebagai calon Bupati Gayo Lues? Kalau kata kuncinya potensial, maka semua tokoh berpotensi calon. Tapi jika pertanyaan siapa paling memenuhi syarat? Maka jawabannya, saat ini hanya ada dua tokoh yang paling memenuhi syarat untuk maju sebagai calon Bupati Gayo Lues, Irmawan dan Ali Husin, alasannya?

Kedua tokoh ini Ketua Partai, Partainya dua-duanya berkuasa, popularitas ada, jika mereka mau mencalonkan diri, maka syaratnya sudah lengkap. Tinggal cari pasangan, daftar ke KIP, cetak baliho. Selesai.

Tapi sepertinya Irmawan sayang ya kalau mencalonkan diri tingkat Kabupaten, sudah terlanjur jadi tokoh nasional, satu-satunya kebanggaan orang Gayo Lues di Pusat dan Provinsi, satu-satunya Tokoh Gayo Lues sebagai ketua partai tingkat Provinsi, dan keberadaannya partainya pun hari ini di Aceh bukan kaleng-kaleng, diakui memiliki taring.

Coba kita ganti saja, sosok Irmawan dengan Kepala Pelaksana BPBD Gayo Lues Suhaidi adik kandung Irmawan. Kita lanjut acak-acak pasangannya untuk yang paling berpotensi, kita pakai palingnya.

Calon (Paling) Potensial dan Kemungkinan Berpasangan (Acak-acak)

Ali Husin, Muhammad Amru, Said Sani, Thalib, Suhaidi, Maliki, Idris Arlem, Adam, dan El Amin.

Dari berbagai data yang dikumpulkan Portal Datiga, Ke sembilan tokoh ini dianggap paling berpotensi menjadi salah satu calon Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues.

Kesembilan nama ini yang paling sering muncul dalam survei lapangan, ketika ditanya siapakah tokoh bakal maju sebagai calon Bupati dan Wakil Bupati 2024? Lanjut.

Acak kemungkinan berpasangan (Seandainya), Ali Husin- Idris Arlem, Muhammad Amru- Maliki, Said Sani – Suhaidi, Adam – Thalib, lalu bagaimana dengan El Amin? El Amin satu partai dengan Maliki, besar kemungkinan jika dirinya ikut calon maka otomatis Maliki tidak, demikian sebaliknya, sama hal nya Irmawan diganti dengan Suhaidi.

Pertama, Ali Husin – Idris Arlem secara dukungan memenuhi syarat, keduanya memiliki popularitas. Ali Husin penguasa parlemen saat ini, secara politik pasangan ini kuat ditambah kekuatan partai Demokrat, lalu bagaimana dengan finansial, sepertinya aman.

Kedua, Muhammad Amru – Maliki, secara dukungan kepartaian sudah ada modal dasar dari partai Nasdem, Muhammad Amru dan Maliki sama memiliki popularitas juga, finansial cukup mumpuni secara kasat mata, ya kan?

Ketiga, Said Sani – Suhaidi, secara dukungan sudah memenuhi syarat dari partai PKB dan Gelora, popularitas ok, dan juga memiliki kekuatan partai politik yang maksimal dari partai PKB, ya Irmawan dibelakang Suhaidi, secara finansial sama secara kasat mata mumpuni?

Keempat Adam – Thalib, secara dukungan kepartaian sudah ada modal PPP dan PDI, popularitas juga aman, dan secara finansial tentu cukup, masyarakat tentu tidak bisa memisahkan Pengusaha sebesar Rabudin dari sosok Adam.

Siapakah yang akan keluar sebagai pemenang jika pasangan acak ini benar mencalonkan diri?

Ali Husin- Idris Arlem ?
Muhammad Amru- Maliki ?
Said Sani – Suhaidi ?
Adam – Thalib ?

Tidak elok, terlampau jauh membuat analisa terkait hal ini, tentu belum waktunya buka-bukaan sisi kekuatan dan kelemahan semua tokoh ini. Lagi pula pasangan kandidat ini hanya acak-acak, tidak bisa dijadikan referensi dalam bentuk apapun.

Tapi, bakal diulas habis-habisan semua sisi calon Bupati dan Wakil Bupati Gayo Lues, termasuk kekuatan tokoh-tokoh pendukung baik dibalik layar maupun langsung tampil secara terang-terangan dengan catatan sudah ada deklarasi resmi. Data dan fakta-fakta lain juga bakal dibuka ke publik.

Eh.. Jangan-jangan pasangan ini sudah mulai di survei? Gak mungkin. Sama-sama kita ditunggu tanggal mainnya!

awg

Share :

Baca Juga

Aceh

Memasuki Hari Megang Tim Patroli Pantau Keamanan Di Pasar

Headline

Kisruh OTT Basarnas, Koalisi Sipil dan ICW Desak Pimpinan KPK Diberhentikan

Aceh

FORMAT : BKPSDM Tolong Benahi Kekosongan Kepsek di Aceh Barat

Aceh

Ketua Pemuda Santri Pancasila Aceh Barat H. Ramli MS Gelar Halal BI Halal. ini Pesannya 

Gayo Lues

Dilema ASN Gayo Lues Dalam Pilkada Bak Makan Buah Simalakama

Aceh

Kungker Aspidmil Kejati Aceh Disambut Hangat Forkompinda dan Seluruh Pegawai Kajari Gayo Lues

Aceh

Kajari Gayo Lues Serahkan 20 Sertifikat ke Mahasantri Tahap IV

Aceh

Masyarakat/Jamaah Tarawih di Mesjid Almujahirin Kampung Jawa kecamatan Blangkejeren Kabupaten Gayo Lues ikuti Jum’at Tarawih Curhat bersama Kapolres Gayo Lues