Home / Aceh / Aceh Tengah / Bener Meriah / Gayo Lues / Headline / Nasional

Sabtu, 4 Mei 2024 - 02:56 WIB

Jalankan Instruksi Presiden, Menteri ATR/Kepala BPN Percepat Proses Pengadaan Lahan Relokasi bagi Korban Erupsi Gunung Ruang

 

portaldatiga.com – Jakarta – Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) bersama sejumlah Menteri Kabinet Indonesia Maju menghadiri rapat terbatas tentang penanganan pengungsi akibat erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara yang terjadi sejak 16 April 2024 lalu. Rapat ini dipimpin langsung oleh Presiden Republik Indonesia (RI), Joko Widodo di Istana Merdeka, Jakarta pada Jumat (03/05/2024).

 

Presiden RI menginstruksikan kepada para pimpinan kementerian/lembaga untuk segera melakukan relokasi terhadap para pengungsi lantaran berdasarkan tata ruang yang ada, para pengungsi tidak diperbolehkan kembali ke tempat asalnya.

Kepada Kementerian ATR/BPN, ia meminta agar proses sertipikasi tanah berjalan dengan cepat jika lahannya sudah berstatus _clean and clear_. Tak hanya itu, presiden secara khusus minta kepada Menteri ATR/Kepala BPN untuk terjun langsung ke lapangan.

 

“Diperlukan relokasi untuk permukiman yang harus dipercepat dan juga urusan pertanahan, termasuk urusan rumah dan yang berkaitan dengan pekerjaan. Ini nanti Pak Menteri ATR mohon lapangannya dilihat betul,” ucap Presiden RI.

Pada kesempatan terpisah, Menteri ATR/Kepala BPN menyatakan bahwa pihaknya akan segera memastikan kesediaan lahan di Kabupaten Bolaang Mongondow Selatan sebagai tempat relokasi. Proses ini akan dilakukan dengan cepat agar masyarakat tidak lagi mengalami kesulitan.

“Tidak boleh masyarakat yang sudah sulit hidupnya karena terdampak bencana alam kemudian berlama-lama untuk menunggu kepastian. Kalau status tanahnya sudah _clean and clear_, Kementerian ATR/BPN akan siap secara cepat untuk memberikan sertipikatnya,” ungkap Menteri AHY.

Ia berharap dengan adanya relokasi tersebut, masyarakat yang bekerja sebagai nelayan dan pekebun dapat segera memulai kehidupan barunya. “Itu tidak mudah karena dipindah dari tempat tinggal selama puluhan tahun. Tapi ini demi keselamatan, demi menyelamatkan keluarga mereka. Saya juga berharap selain untuk tempat tinggal juga ada tambahan area lahan yang akan dialokasikan untuk perkebunan warga yang terdampak tadi,” tutur Menteri ATR/Kepala BPN. (YS/PHAL)/tim portaldatiga com

 

 

 

Sumber : Pers Rilis humas Kementrian ATR/BPN Republik Indonesia

Share :

Baca Juga

Aceh

Ketua Pemuda Santri Pancasila Aceh Barat H. Ramli MS Gelar Halal BI Halal. ini Pesannya 

Aceh

Polres Gayo Lues laksanakan Penandatanganan MoU Kerjasama dengan Instansi Terkait Kab. Gayo Lues dalam rangka Seleksi Penerimaan Terpadu Calon Anggota Polri T.A. 2023

Gayo Lues

Polda Aceh Berhasil Ungkap Kasus Narkotika; Selamatkan Jutaan Jiwa Generasi Muda

Aceh

Memasuki Hari Megang Tim Patroli Pantau Keamanan Di Pasar

Aceh

Purnawirawan kapten INF Darno akan mencalonkan diri sebagai Anggota DPRK Gayo Lues dari partai Golkar

Aceh

Diundang Bank Dunia, Menteri ATR/BPN Akan Paparkan Kisah Sukses Pemerintah Indonesia Daftarkan 112 Juta Bidang Tanah

Headline

Minta Anak Muda Gunakan Hak Pilih, AHY: Penentu Kemajuan Bangsa

Aceh

SAH! PRABOWO UMUMKAN GIBRAN RAKABUMING RAKA SEBAGAI CAWAPRES