Home / Aceh / Gayo Lues / Headline / Home

Minggu, 23 Juni 2024 - 21:42 WIB

Biografi Maliki, Birokrat Ulung Calon Wakil Bupati Gayo Lues

Portal Datiga – H. Maliki, SE, MAP tokoh birokrat senior Gayo Lues yang saat ini mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Bupati Gayo Lues berpasangan dengan Suhaidi.

Tokoh Kelahiran Kutelintang 16 Agustus 1961 merupakan Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten Gayo Lues terpilih dari Partai Nasdem tahun 2024.

Sebelum terjun kedunia Politik, Maliki terkenal dengan sebutan Pak Camat, hal ini dikarenakan awal merintis di dunia birokrasi, dirinya lama mengabdi di Kantor Camat.

Pada tahun 1988, Ia pernah menjabat sebagai Kasi Pemerintah Kantor Camat di Aceh Tenggara, setelah tiga tahun menjabat, ia dipindahtugaskan ke Kantor Camat Blangkejeren pada tahun 1991 sebagai Sekretaris Wilayah Camat (Sekwilcam).

Setelah 13 tahun menjabat Sekwilcam, dan Gayo Lues telah dimekarkan menjadi Kabupaten, tepat pada tahun 2004 Alumni D3 APDN jurusan Pemerintahan ini dipercaya menjabat sebagai Camat di Kecamatan Pining selama tiga tahun.

Setelah itu, pada tahun 2007, Ia menjabat sebagai Kabag Kepegawaian di Kantor Bupati Gayo Lues dimasa kepemimpinan H. Ibnu Hasyim. Setahun menjabat sebagai Kabag, Alumni STIM Banda Aceh jurusan Ekonomi Manajemen ini diangkat menjadi Kepala Badan Kepegawaian pada tahun 2008.

Di Badan Kepegawaian, Suami Hj. Asiah ini menjabat selama 6 tahun, lalu dimutasikan jadi Kepala Dinas di Dinas Pengairan pada tahun 2014, di Dinas ini, secara otomatis dirinya terlibat aktif dalam membuat jaringan perairan, baik irigasi maupun persoalan jaringan perpipaan berkerjasama dengan PDAM.

Setelah 4 tahu lamanya berkarya di Dinas Pengairan, Alumni S2 Administrasi Manajemen UMA ini dipercayakan menjabat sebagai Kepala Dinas PUPR pada tahun 2018, dan dinas inilah, dirinya menyelesaikan tugas terkahirnya sebagai Aparatur Sipil Negara, setelah itu pensiun.

Usia Pensiun dari ASN, tepat tahun 2024 ini, ayah dari 3 anak ini terdorong masuk ke dunia politik, maju sebagai caleg DPRK melalui partai Nasdem di dapil I , dan dinyatakan menang sebagai Anggota Dewan terpilih.

Setelah menang, atensi tokoh masyarakat tertuju ke dirinya, dan banyak mendorongnya untuk kembali mencalonkan diri sebagai Calon Bupati atau Wakil Bupati, setelah melakukan serangkaian penjaringan akhirnya partai Nasdem dan Partai PKB sepakat membuat koalisi.

Dan, kesepakatan akhir, dirinya digandengkan dengan tokoh muda Birokrat Suhaidi, S,Pd, M.Si. Pasangan ini dianggap ideal karena mewakili semua kalangan dan merupakan wajah baru dalam dunia politik.

Awg

 

Share :

Baca Juga

Aceh

Menghadapi Megang, Tim Patroli Polres Gayo Lues Tingkatkan Keamanan

Aceh

Cek Tanah Calon Relokasi Korban Erupsi Gunung Ruang, Menteri AHY Terjun Langsung ke Lapangan

Aceh

Polsek Pining Monitoring Pasar Murah Tanggap Inflasi di Kecamatan Pining

Gayo Lues

Respon Keluhan Warga, Polres Gayo Lues Tertibkan 6 Pemain Judi Chip Domino

Aceh

Kapolres Gayo Lues Gelar Apel Pasukan Oprasi Keselamatan Seulawah 2023

Aceh

Wakapolda Aceh Hadiri Puncak Penanaman Mangrove Nasional

Aceh

Buka Rakernis Ditjen SPPR, Menteri AHY: Capai Target Pendaftaran Sisa 7 Juta Bidang Tanah Pada Tahun 2024

Aceh

Presiden RI Apresiasi Capaian Predikat WTP Pemerintah Pusat dan Daerah, Menteri AHY: Jadi Fondasi bagi Kemajuan Pembangunan