Home / Aceh / Gayo Lues / Headline

Rabu, 25 Oktober 2023 - 05:42 WIB

Kasatreskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H. Jadi Pemateri Terkait Kejahatan Cybercrime dalam Peningkatan Kemampuan Aparat Komandan Kewilayahan Terbesar di Kodim 0113/GL

 

portaldatiga.com | Blangkejeren – Dalam upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kemampuan aparat Komandan di Kodim 0113/GL terbesar di wilayahnya, Kapolres Gayo Lues AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H., S.I.K. melalui Kasatreskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H., memberikan materi penting terkait kejahatan cybercrime atau tindak pidana informasi dan transaksi elektronik (ITE), Rabu (25/10/2023).

Dalam sesi pelatihan yang berlangsung pada hari ini, Kasatreskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H. mengungkapkan bahaya dan konsekuensi serius dari kejahatan cybercrime dalam dunia digital yang semakin berkembang. Dia menyoroti perkembangan teknologi dan bagaimana hal tersebut membuka peluang bagi para pelaku kejahatan untuk beroperasi secara daring.

IPTU M. Abidinsyah menjelaskan, “Kejahatan cybercrime telah menjadi ancaman yang signifikan dalam masyarakat modern. Dengan perkembangan teknologi, para pelaku kini dapat dengan mudah mencuri data pribadi, meretas sistem, dan melakukan penipuan secara daring. Oleh karena itu, penting bagi aparat keamanan dan penegak hukum untuk memahami cara mengidentifikasi, mencegah, dan menangani kejahatan ini.”

Selain itu, Kasatreskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H. memberikan panduan tentang Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang ITE. Dia menjelaskan bagaimana hukum ITE digunakan untuk melindungi hak privasi individu, mengatur tindakan kejahatan di dunia maya, dan memberikan dasar hukum bagi penegak hukum untuk menindak pelaku kejahatan dalam ranah digital.

Kapolres Gayo Lues, AKBP Setiyawan Eko Prasetiya, S.H., S.I.K., menyatakan pentingnya pelatihan semacam ini dalam menghadapi tantangan kejahatan modern. “Kami berkomitmen untuk terus meningkatkan kemampuan aparat kami dalam menghadapi ancaman cybercrime yang semakin berkembang. Materi yang disampaikan oleh Kasatreskrim IPTU M. Abidinsyah, S.H. sangat berharga dan akan membantu dalam tugas sehari-hari aparat keamanan kami.”

Pelatihan ini diharapkan dapat membantu aparat di Kodim 0113/GL untuk lebih siap dan efektif dalam menghadapi kejahatan cybercrime dan menjaga keamanan dalam dunia digital yang terus berkembang. (Rc)

 

 

Sumber : pers Rilis Humas Polres Gayo Lues

Share :

Baca Juga

Aceh

PT KHBL Tetap Beli Getah Pinus, Sementara Gondorukem Tidak Laku di Pasaran Global

Gayo Lues

Personil Polsek Pining Laksanakan Kegiatan Curhat Bersama Masyarakat

Gayo Lues

Kejari Gayo Lues Peringati HUT Ke-72 PERSAJA

Aceh

CABDIN Gayo Lues Tuntas Seleksi (KOSN) Antar SMA Se-Kabupaten

Headline

Capres Prabowo Subianto Meminta Do’a Restu dari SBY Sebelum Pendaftaran di KPU

Aceh

Kasatreskrim Polres Gayo Lues Cegah Kelangkaan Jelang Hari Raya Idul Fitri 1444 H. cek Stok Ketersediaan BBM dan LPG di Seluruh SPBU.

Gayo Lues

Kejaksaan Gayo Lues Gelar Kegiatan Jaksa Goes to Campus

Aceh

Gelapkan uang Indomaret, pelaku “I.A” diamankan Tim Resmob Satreskrim Polres Gayo Lues