Home / Aceh / Headline

Kamis, 2 Februari 2023 - 18:54 WIB

Gayo Lues dikukuhkan sebagai TPAKD Oleh PJ Gubernur Aceh

portaldatiga.com- Kabupaten Gayo Lues bersama dengan empat kabupaten diantaranya Bener Meriah, Sabang, Lhokseumawe dan Aceh Timur dikukuhkan sebagai Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) oleh Penjabat Gubernur Aceh yang diwakili Asisten II Provinsi Aceh, Mawardi, Kamis (2/2/2023) di Aula Kantor Bupati Bener Meriah.

Mawardi mengatakan, tujuan pembentukan TPAKD tersebut merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Republik Indonesia, bahwa seluruh daerah harus mendukung dan mempercepat dalam memiliki kemudahan untuk mengakses layanan keuangan formal.

“Baik itu untuk menabung sejak dini maupun untuk memperoleh pembiayaan, sehingga target Indeks Inklusi Keuangan nasional dapat meningkat di atas 90 persen dalam waktu tiga tahun ke depan,”katanya.

Ia berharap, keberadaan TPAKD tersebut dapat mendorong ketersediaan akses keuangan yang seluas-luasnya kepada masyarakat, melalui berbagai inovasi dan terobosan baru untuk mendukung perekonomian daerah.

Lanjutnya, tim tersebut bertujuan untuk menggali potensi ekonomi daerah yang dapat dikembangkan dengan menggunakan produk dan layanan jasa keuangan dalam rangka pemerataan ekonomi serta kemandirian daerah.

“Juga untuk mendorong optimalisasi potensi sumber dana daerah dalam perluasan penyediaan pendanaan produktif untuk mengembangkan UMKM, usaha rintisan dan membiayai pembangunan sektor prioritas,”jelasnya.

Selain melakukan monitoring dan evaluasi perkembangan akses keuangan daerah, ia juga mengatakan TPAKD dibentuk untuk mendukung program pemerintah dalam upaya meningkatkan literasi dan inklusi keuangan di Indonesia.

Sementara, Pj Bupati Gayo Lues melalui Asisten II Setdakab Gayo Lues H Irwansyah mengharapkan dengan adanya pertemuan tersebut bisa melahirkan program literasi keuangan dan program terkait produk layanan keuangan yang inovatif serta berkelanjutan.

Dengan pengukuhan TPAKD ini sebut Irwansyah, pemerintah mampu mengatasi akses keuangan terhadap kelompok masyarakat marginal, juga dapat meningkatkan akses terhadap ketersediaan modal usaha bagi produk-produk keuangan yang telah tersedia di setiap Kabupaten/Kota di wilayah Provinsi Aceh.

Selain itu, harap Irwansyah, TPAKD mampu meningkatkan akses keuangan, tim tersebut juga dapat menanggulangi kemiskinan ekstrem yang sudah menjadi isu strategis nasional.

Sehingga angka kemiskinan ekstrem di tiap-tiap daerah dapat menurun secara signifikan yang kemudian berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat. demikian tutup Irwansyah.(red/Rc)

Share :

Baca Juga

Aceh

Kapolres Gayo Lues Tegaskan , Menjelang Pemilu 2024 Agar Personelnya Netral. 

Headline

Silaturahmi ke JK, AHY: Kami Perlu Pandangan Beliau Sebagai Tokoh Bangsa dan Negarawan

Aceh

Masyarakat Mekar Jadi Ayu Ungkapkan Kekecewaan Mereka Terhadap Kinerja Pemda Bener Meriah

Aceh

Kapolres Gayo Lues Pimpin Pemusnahan Ladang Ganja Di Pegunungan Desa Pepelah Kecamatan Pining Kabupaten Gayo Lues

Aceh

Polres Gayo Lues Serahkan Buku Ke Pondok Pesantren Ruhul A’Zham dalam Rangka Peduli Budaya Literasi

Aceh

Cegah Kelangkaan Jelang Lebaran, Kasatreskrim Polres Gayo Lues Cek Stok Sembako di pasar kec. Blangkejeren kab. Gayo Lues 

Aceh

Kapolres Gayo Lues Dan Ibu Ketua Bhayangkari  Kunjungi Korban Kebakaran Di Desa Pining

Aceh

Konslet Arus Pendek Sebabkan Kebakaran di Desa Tungel Rikit Gaib