Home / Headline / Politik

Sabtu, 24 Juni 2023 - 18:43 WIB

AHY: Mengabaikan Perubahan Iklim, Berarti Mengabaikan Generasi Muda dan Anak Cucu Kita

Portal Datiga, Jakarta, Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengajak seluruh elemen bangsa untuk tidak mengabaikan perubahan iklim. Hal tersebut ia sampaikan dalam diskusi “Rembuk Kebangsaan untuk Iklim” Indonesia Net-zero Summit 2023, yang diselenggarakan oleh Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), di Ballroom Djakarta Theater, Sabtu (24/6) sore.

“Bicara bumi kita artinya itu menjadi survival interest seluruh bangsa di dunia, dan kita semua harus menjadi bagian dari itu, terutama anak-anak muda harus menjadi agen perubahan karena jika kita mengabaikan perubahan iklim, berarti mengabaikan generasi muda dan anak cucu kita,” tegas AHY.

Dibuka oleh Ketua dan pendiri FPCI Dino Patti Djalal, AHY bersama pembicara lainnya yaitu Menko Perekonomian Airlangga Hartarto dan Wali Kota Bogor Bima Arya dalam kesempatan ini juga mendengarkan beberapa pertanyaan dan aspirasi dari generasi muda terkait isu perubahan iklim.

AHY pun menyampaikan harapannya terhadap pemerintah terkait kebijakan dan regulasi yang dikeluarkan harus berpihak pada iklim dan lingkungan.

“Yang jelas kita berharap kebijakan dan regulasi yang dilahirkan dalam iklim yang demokratis itu benar-benar berpihak pada lingkungan, berpihak pada iklim. Jangan hanya di atas kertas, harus konsisten antara kebijakan regulasi dan implementasinya,” jelas AHY.

Ditanya soal peran yang dilakukan oleh AHY terkait isu perubahan iklim dan lingkungan ini, ia dengan tegas menjawab bahwa terus berikhtiar sesuai dengan kapasitas masing-masing. “Saya sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, komitmen kami terhadap agenda perubahan iklim itu tercermin dari sikap tegas politik Partai Demokrat dalam menolak UU Minerba dan UU Cipta Kerja yang memuat pasal-pasal yang justru mengorbankan kelestarian lingkungan hidup,” terang AHY.

Usai acara, sambil berpamitan, AHY memberikan kaos putih bertuliskan Net Zero Coalition seperti yang ia sendiri pakai kepada Dino Patti Djalal.

“Mas ini saya buat kaos khusus untuk acara ini. Kita di partai politik kan lagi berusaha membangun koalisi untuk 2024, tapi kita harus bersatu untuk koalisi net zero. Jadi ini untuk Mas Dino ya,” kata AHY yang langsung disambut senang oleh Dino.

M. Jepri Saputra (22) seorang mahasiswa yang menjadi salah satu peserta dalam acara ini menyampaikan terima kasih atas jawaban yang kritis dan kepedulian AHY terhadap isu perubahan iklim.

“Terima kasih Mas AHY sudah menjawab pertanyaan-pertanyaan kami dengan kritis. Jawabannya sangat bisa membuat kita generasi muda yakin kalau Mas AHY bisa mewakili suara anak muda yang concern terhadap krisis iklim ini. Sukses terus Mas, terima kasih sudah peduli. Ayo terus suarakan isu ini bersama kita,” kata Jepri.

Indonesia Net-zero Summit 2023 merupakan konferensi iklim tahunan yang diadakan oleh FPCI sebagai ruang pertemuan bersama bagi pejabat, diplomat, pemuda, selebritas, dan berbagai kalangan lainnya untuk membicarakan isu iklim, khususnya di Indonesia. Bersama dengan 152 kelompok pegiat iklim dan pemuda dari seluruh Indonesia, FPCI menyuarakan aspirasi serta harapan bagi Indonesia untuk mewujudkan langkah konkrit menuju pencapaian net-zero emission nasional. (dna/csa)

Kontributor: Amir Demokrat

Share :

Baca Juga

Aceh

DPRK Gayo Lues Gelar Rapat Koordinasi Terkait PMK 212

Aceh

Polsek Kota Panjang Adakan Jumat Curhat, Masyarakat Minta Penjual Poa Murah Ditertibkan

Headline

80 Jenderal Purnawirawan TNI/Polri Usulkan Anies-AHY Untuk Pasangan Sipil-Militer

Aceh

BPSDM Aceh dan BKPSDM Gayo Lues Laksanakan Kegiatan Latsar Golongan II dan III

Headline

Pasca Pertemuan Cak Imin dan SBY, AHY: Jaga Pemilu 2024, Jangan Ada Intervensi, Intimidasi dan Kecurangan

Headline

Kisruh OTT Basarnas, Koalisi Sipil dan ICW Desak Pimpinan KPK Diberhentikan

Aceh

Warga Mongal Gotong Royong Peduli Lingkungan

Aceh

Dalam Rangka Hari Jadi ke-72 Humas Polri, Polres Gayo Lues Laksanakan Penghijauan Penanaman Pohon